Bangunan dengan arsitektur yang cantik dan unik tidak hanya selalu berasal dari gedung pencakar langit atau rumah tinggal. Sebaliknya, arsitektur indah juga dapat berupa tempat ibadah. Tidak sedikit arsitektur tempat ibadah terlihat mempesona dan cantik. Kecantikan tersebut pada akhirnya dapat membuat orang – orang yang ada di dalamnya semakin fokus mendekatkan diri kepada Tuhan.

Lantas seperti apakah tempat – tempat ibadah cantik tersebut? Berikut ini adalah beberapa tempat ibadah dengan arsitektur yang mengagumkan mulai dari bangunan bergaya modern hingga kuil kono yang sudah ada sejak berabad – abad silam seperti dilansir dari laman Fox News.

Borgund Stavechurch

Didirikan sekitar tahun 1180, bangunan gereja ini merupakan salah satu gereja kayu terbaik bernuansa kuno yang berada di Norwegia. Untuk mencegah bangunan ini hancur, beberapa renovasi telah dilakukan dengan cara menambah unsur batu pada bangunan tersebut. Bagian atap dan pintu bangunan ini juga diukir dengan bentuk naga. Hal tersebut bermaksud untuk mengusir roh jahat.

Golden Temple

Golden Temple atau yang juga populer dikenal dengan nama Sri Darbar Sahib atau Sri Hamandir Sahib merupakan tempat suci untuk agam Sikh. Tempat ibadah ini berada di barat laut India. Bangunan kuil marmer tersebut didirikan oleh Guru Arjan Sahib pada tahun 1601. Desain interior kuil ini dihiasai dengan permukaan batu mulia dan emas timbul.

Great Mosque of Djenne

Masjid yang berada di negara Mali ini pada mulanya didirikan pada abad ke 13. Pada tahun 1907, bangunan masjid tersebut direkonstruksi ulang. Arsitektur tempat ibadah yang satu ini sangat unik karena terbuat dari jerami dan batu bata lumpur yang ditutup menggunakan balok kayu dan plester lumpur. Setiap tahunnya, para pekerja menambah lapisan lumpur baru supaya bangunan tersebut tetap kokoh.

Korean Presbyterian Church

Bangunan gereja ini berada di Oakland, New Jersey. Menariknya, bangunan tersebut menyatu dengan kawasan kampus dan ditujukan untuk para jemaat gereja. Arsitektur tempat ibadah ini memang cukup pantas jika mengundang banyak decak kagum. Didirikan di atas lahan seluas 24 hektar, bangunan tersebut dilengkapi dengan gereja bertingkat bernuansa modern, ruang serbaguna dengan atap kaca, galeri seni, hingga lapangan basket. Pada saat malam hari, bangunan gereja ini semakin terlihat menawan dengan kehadiran tata lampu yang terlihat di celah bangunan.

Pura Taman Ayun, Bali

Pura ini juga termasuk salah satu tempat ibadah terindah di dunia. Pura Taman Ayun didirikan pada tahun 1634. Dulu pra ini merupakan sebuah kuil kerajaan Bali. Pura tersebut dikelilingi oleh taman dan parit. Tempat ibadah yang satu ini juga sengaja dilengkapi dengan pagoda yang menjulang sebagai lambang keselarasan dengan alam.

Demikian beberapa tempat ibadah tercantik di dunia. Selain itu tentu saja masih ada banyak lagi tempat ibadah lainnya yang tidak kalah cantik.

Arsitektur