Fasad atau tampak depan rumah adalah bagian depan eksterior yang akan memberikan kesan pertama untuk tampilan keindahan sebuah rumah. Model tampak depan yang bagus dan menarik serta kombinasi warna yang sesuai dapat menghasilkan eksterior yang indah sehingga akan menimbulkan rasa kagum bagi orang yang melewati depan rumah Anda.

Desain fasad rumah unik dapat menjadi simbol dan ciri khas dari sebuah rumah. Untuk penataannya dapat diselaraskan dengan penggunaan warna yang tepat. Penggunaan warna untuk bagian depan rumah biasanya dapat dilakukan dengan memberikan aksen pada sebuah bidang dinding eksterior

Pemilihan warnanya dapat disesuaikan dengan selera pemilik rumah dan gaya rumah. Untuk merancang warna fasad, Anda dapat memadukan dua warna untuk menghindari kesan monoton pada fasad dan membuatnya terlihat lebih menarik.

Penggunaan warna untuk fasad rumah sangat dipengaruhi oleh tren model rumah terbaru. Penggunaan warna untuk bagian depan rumah dapat menghasilkan penampilan yang cantik dari sebuah hunian. Fasad rumah tropis atau klasik tentu memiliki warna fasad yang berbeda dengan fasad rumah minimalis.

Karena alasan tersebut, dibutuhkan kecermatan pemilik rumah dalam memilih warna yang sesuai dengan gaya rumah hunian. Berikut ini adalah beberapa contoh model fasad rumah.

Fasad Rumah Klasik

Biasanya rumah – rumah hunian dengan model klasik menggunakan warna yang gelap. Umumnya desain klasik memang mengunakan warna yang tua seperti hijau tua, merah tua, dan biru tua. Karena warna – warna tersebut sudah terlihat gelap dan tua, untuk memberikan kesan yang elegan dapat dipadukan dengan lis warna emas. Selanjutnya, Anda dapat menggunakanwarna putih atau netral untuk menghasilkan perpaduan warna yang serasi pada desain fasad rumah.

Fasad Rumah Tropis

Bila Anda berencana untuk membuat rumah dengan gaya tropis, warna – warna yang alami seperti putih dan berbagai warna muda lainnya dapat menjadi pilihan yang bagus.

Fasad Rumah Etnik

Rumah dengan model seperti ini pada umumnya menggunakan warna yang sesuai dengan warna bahan yang digunakan. Biasanya, material atau bahkan yang digunakan untuk rumah etnik berupa elemen bambu dan kayu sehingga tampak depan rumah akan terlihat coklat natural seperti material tersebut.

Desain Fasad Rumah

Fasad Rumah Minimalis

Biasanya untuk desain rumah ini menggunakan warna abu – abu. Tetapi sekarang ini, para arsitektur maupun para developer sudah mengarah pada model minimalis yang lebih kreatif. Pemilihan warnanya tidak lagi terbatas pada tone abu – abu tetapi juga dapat menggunakan warna cerah seperti biru, merah, dan hijau.

Tidak sedikit rumah idaman yang mengusung konsep modern minimalis mengaplikasikan warna oranye untuk fasad depan rumahnya. Selain itu, banyak juga yang memadukannya dengan warna lain seperti biru dan hijau. Tetapi ciri khas dari desain fasad rumah minimalis adalah pengaplikasikan warna abu – abu untuk di beberapa dinding eksterior.

Fasad Rumah Mediteranian

Pada model rumah yang satu ini, pemilihan warna cat rumah paduan antara coklat, kuning, dan krem menjadi pilihan populer pada rumah di awal tahun 90an sampai awal tahun 2000.

Desain Fasad Rumah