Anda pasti bisa membayangkan betapa nyamannya rumah yang tak hanya mempunyai arsitektur dan desain interior yang apik melainkan juga didukung dengan adanya tanaman yang disusun menyesuaikan dengan kebutuhan si pemilik rumah. Nah, ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menghadirkan tanaman di lingkungan rumah Anda.

Salah satu hal umum yang dilakukan untuk menambahkan elemen tanaman di dalam hunian adalah menanam tanaman tersebut di taman atau halaman rumah misalnya. Selain itu, pemilik rumah juga bisa menanam tumbuhan di dalam pot untuk diletakkan baik di luar maupun di dalam rumah.

Ternyata, tumbuhan bisa difungsikan lebih dari sekedar tanaman sebagai hiasan interior maupun sebagai pelengkap taman. Tanaman hijau rupanya juga bisa dimanfaatkan untuk melindungi dinding luar rumah Anda. Hal ini dilakukan dengan pertimbangan bahwa dinding luar rumah biasanya akan terkena terpaan hujan dan sinar matahari yang cukup intensif.  Dengan demikian, pemilik rumah akan mendapatkan manfaat dari tumbuhan sebagai secondary skin atau kulit kedua bagi fisik bangunan sehingga dinding mampu bertahan lebih lama.

Ada beragam pilihan bahan yang bisa Anda gunakan untuk secondary skin dinding rumah Anda. Banyak rumah yang menggunakan logam atau kayu. Akan tetapi, pilihan pelindung kedua untuk rumah tidak melulu kayu maupun logam karena ternyata aplikasi tanaman rambat yang berwarna hijau juga bisa digunakan untuk membangun pelindung kedua dinding rumah Anda.

Anda bisa mendapatkan inspirasi dari rumah yang sudah menggunakan tanaman hijau khususnya tanaman rambat sebagai pelindung kedua bangunan rumah. Dinding bagian samping pada rumah bisa Anda tutupi dengan aplikasi tanaman rambat dengan beragam jenis. Akan tetapi, Anda sebaiknya tidak membiarkan tanaman rambat tersebut menempel secara langsung pada dinding rumah.

Sebagai media rambat tanaman, Anda bisa memasang jaring yang didukung oleh sebuah tiang. Anda bisa menempatkan tiang tersebut di area depan dinding rumah Anda dengan posisi miring. Dengan demikian, tanaman rambat bisa tetap menjalankan fungsinya untuk melindungi rumah tanpa harus mengorbankan dinding rumah itu sendiri.

Jika Anda memasang tanaman rambat langsung pada dinding rumah, ada efek yang kurang diinginkan yang bisa saja terjadi misalnya timbulnya rembesan pada bagian dinding lain yang berada di dalam rumah. Dengan cara aplikasi tanaman rambat menggunakan tiang, fungsi perlindungan dan pendinginan dinding rumah tetap bisa dilakukan oleh tanaman rambat tersebut tanpa harus mengalami risiko kerusakan pada dinding rumah bagian dalam.

Selain keuntungan tersebut, pemasangan tanaman rambat menggunakan tiang rupanya juga membantu mempermudah perawatan tanaman rambat itu sendiri. Tanaman rambat tersebut tentu juga memberikan efek tampilan bagian eksterior rumah yang lebih cantik. Tanaman rambat ini juga berguna untuk mengurangi kebisingan dan juga menyaring udara kotor.

Aplikasi Tanaman Rambat