Apartemen saat ini semakin banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia sebagai solusi untuk hunian modern di tengah kota. Memang apartemen mempunyai sejumlah kelebihan dan kekurangan jika dibandingkan dengan rumah hunian biasa. Di dalam sebuah hunian, kehadiran sebuah taman tentu menjadi salah satu elemen yang cukup penting.

Taman tersebut membuat hunian terkesan lebih asri dan indah. Selain itu tanaman – tanaman juga dapat membantu menambah asupan oksigen sekaligus menyerap berbagai polusi  udara. Namun bagi orang – orang yang tinggal di apartemen apakah mungkin untuk membangun taman pada hunian tersebut?

Dengan luasnya yang sangat terbatas atau bahkan di beberapa tipe unit tidak dilengkapi dengan area tambahan, membuat taman di unit apartemen dapat dikatakan hampir tidak mungkin. Namun dengan sedikit usaha dan kreativitas, Anda dapat mengolah area lahan yang tersedia menjadi sebuah taman mungil yang sederhana dan cantik. Lantas di manakah area yang cocok untuk membuat taman di apartemen?

Satu – satunya area yang mungkin untuk digunakan sebagai taman adalah bagian balkon. Bagian ini berfungsi layaknya sebuah teras. Biasanya balkon memiliki luas sekitar 1,5 meter sampai 2 meter. Dengan luas yang ada tersebut, memang Anda tidak bisa jika hendak menanam tanaman berkayu atau pohon yang biasanya ditanam di atas lahan yang luas.

Taman di Apartemen

Tetapi, Anda dapat memanfaatkan area balkon menjadi sebuah taman mungil yang terlihat menarik. Caranya adalah dengan menempatkan tanaman – tanaman hias di dalam pot. Untuk media tanamnya, pilihlah media yang ringan seperti Styrofoam, rockwool, sekam atau bahkan batok kelapa yang sudah dikeringkan untuk menanam berbagai tanaman hias di atas balkon.

Setelah itu, pilihlah jenis tanaman yang hendak ditanam di taman tersebut. Sebaiknya tanaman yang dipilih adalah yang mudah perawatannya yatu yang cukup disiram secara rutin. Beberapa jenis tanaman hias yang bagus dan mudah perawatannya antara lain adalah Mandevilla, Morning Glory, dan air mata kucing  atau curtain creeper.

Jenis tanaman yang tumbuh secara vertikal atau merambat sangat efektif untuk membantu menangkal polusi debu. Tidak hanya itu saja, dengan menanam tanaman merambat, Anda juga dapat menghemat tempat sehingga lahan yang tersisa dapat dimanfaatkan untuk menempatkan tanaman – tanaman lain yang ditempatkan di dalam pot.

Terakhir, untuk membantu mempercantik tampilan taman di apartemen Anda, jangan lupa untuk menghias taman mungil tersebut dengan artwork atau benda seni yang menarik. Selain itu tambahkan pula lighting atau pencahayaan berupa lampu spot light. Lampu tersebut dapat digunakan untuk menyorot tanaman tertentu di taman sehingga akan terlihat lebih menarik saat malam hari.

Dengan cara – cara di atas, taman di apartemen yang berukuran mungil akan nampak menarik dan cantik walaupun berada di lahan yang terbatas tanpa menggunakan penutup rumput, Selamat mencobanya ya!

Taman di Apartemen