Siapa pula yang tidak kenal dengan bunga kertas bugenvil? Jenis bunga yang satu ini merupakan tanaman hias yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai bentuk tanaman yang menghiasi pekarangan rumahnya. Bunga yang satu ini disebut sebagai tanaman kertas, karena ia memiliki bentuk seludang yang sangat tipis, sehingga menyerupai kertas. Sehingga tidak jarang bunga ini sulit untuk dibedakan dengan jenis bunga seludang pada umumnya. Seludang adalah bagian yang memiliki warna merah, yang mana ia memiliki fungsi untuk melindungi bagian bunga lainnya yang memiliki ukuran lebih kecil.

Bugenvil memiliki nama bougenvillea, yang tidak hanya terdiri dari satu warna saja, tetapi terdiri dari berbagai macam warna-warni yang berbeda-beda, sehingga membuatnya selalu tampil cantik jika dijadikan sebagai bentuk hiasan pada dekorasi rumah. Beberapa warna yang seringkali dijumpai pada jenis bunga yang satu ini adalah warna merah, orange, pink, putih, ungu, biru, serta kuning. Jenis tanaman ini juga tidak hanya hidup di dataran rendah saja, tetapi ia juga hidup di dataran tinggi. Selain dapat hidup dilingkungan mana saja, tanaman ini juga termasuk dalam jenis tanaman yang mudah untuk dibudidayakan, baik itu dengan cara cangkok, stek batang, okulasi atau bahkan melalui bijinya. Merujuk pada dua hal tersebut hal ini membuat para pemilih rumah lebih mudah untuk melirik bunga ini sebagai bentuk tanaman hiasan yang akan menghiasi dekorasi rumahnya.

Jika Anda memilih bunga yang satu ini sebagai bentuk tanaman hias untuk menghiasi taman rumah Anda atau bahkan menjadikannya sebagai bentuk dekorasi dari dalam ruangan rumah yang Anda miliki, sebaiknya Anda juga memperhatikan bentuk perawatan dari jenisbunga kertas bugenvil tersebut. Dalam bentuk perawatannya, hal yang harus diperhatikan adalah keadaan dari sinar matahari serta kandungan air yang harus dimiliki oleh bunga tersebut. karena tanaman yang satu ini dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama jika kedua bagian tersebut memang terpenuhi dengan baik. Bahkan dalam beberapa kasus juga dinyatakan bahwa bunga yang satu ini dapat menghiasi taman rumah Anda hingga mencapai panjang sekitar 10 meter.

Selain itu, bagi masyarakat Indonesia yang tinggal di kawasan yang tropis, bunga bugenvil ini juga sangat cocok untuk ditanam di halaman rumah atau taman yang dimilikinya, karena ia dapat tumbuh dengan subur, dan bahkan ia memiliki kebiasaan untuk menggugurkan daunnya secara alami, sehingga membuat pemilik rumah tidak perlu merasa cemas dalam merawat taman yang dimilikinya.

Dalam memelihara tanaman hias bugenvil di pekarangan rumah Anda ini, Anda juga wajib untuk melakukan rangsangan terhadap pertumbuhannya. Cara merangsangnya itu cukup mudah, yaitu menghentikan pemberian air ketika tanaman tersebut sudah memiliki bentuk akar yang kuat, selama beberapa hari, hingga daunnya berguguran. Setelah itu barulah siram kembali, sehingga bunga kertas bugenvil ini pun akan menghasilkan kuncup bunga yang baru.

Bunga Kertas  Bugenvil