Apakah Anda pernah melihat atau mendengar bunga yang hanya bisa mekar di saat malam hari? Jika Anda belum pernah melihatnya sekalipun, Anda harus memperhatikan dan menyimak ulasan di bawah ini. Bunga itu dinamakan bunga pukul empat. Terdengar sedikit aneh dan unik jika menilik nama bunga tersebut. Keunikan bunga itu sama seperti namanya yaitu hanya mekar saat menjelang sore hari. Walaupun namanya bunga pukul empat, namun bunga ini tak selalu mekar tepat pada pukul empat sore. Karena bunga ini hanya mekar di sore hari, maka di saat siang ataupun pagi hari bunga ini akan menutup.

Mengeluarkan Bau Wangi

Bunga pukul empat merupakan jenis bunga yang menarik untuk didiskusikan. Dinamakan seperti itu, karena bunga ini sangat peka terhadap perubahan tingkat intensitas cahaya dan suhu di sekeliling dan lingkungan sekitar. Bunga ini bisa merespon intensitas cahaya dengan membuka mahkota bunganya saat suhu udara mulai menjadi dingin. Kemudian, bunga pukul empat akan kembali menutup ketika udara disekeliling mulai terasa panas. Hal yang paling menarik dari bunga ini adalah wangi yang dikeluarkan bunga ini ketika mekar. Bunga ini akan mengeluarkan bau wangi seperti bau lemon manis saat bermekaran di malam hari.

Berwarna Cerah

Apabila Anda melihat bunga pukul empat bermekaran di kebun rumah Anda saat sore hari, pastinya itu merupakan pemandangan yang luar biasa. Pemandangan visual bunga ini sama indah dan manisnya dengan bau harum dan wangi yang dihasilkan. Daya tarik bunga ini juga terlihat dari warna-warna cerah dan terang yang membalut rangkaian mahkota bunga pukul empat. Adapun warna-warna bunga tersebut meliputi putih, orange, magenta, kuning dan putih. Bunga ini menjadi pemandangan menawan di taman dan kebun saat sore hari.

Selain balutan warna-warna cerah, bunga pukul empat ini juga dihiasi dengan garis-garis berwarna kontras dengan mahkota bunga itu. Misalnya, bunga pukul empat berwarna putih memiliki corak dan garis kuning pada bagian permukaannya. Keunikan ini hanya bisa didapatkan dari bunga pukul empat yang menghiasi kebun saat sore hari tiba.

Manfaat Bunga Pukul Empat Sore

Apabila Anda ingin mengembangkan bunga pukul empat di rumah, Anda sangat bisa melakukannya di rumah dengan mudahnya. Dalam penanamannya, bunga ini tak memerlukan perawatan ekstra dan khusus. Karena alasan tersebut, banyak orang yang menanam bunga yang berasal dari Amerika Selatan di rumah.

Bunga pukul empat ini juga menjadi terkenal karena manfaat dan khasiatnya bagi kesehatan dan kehidupan. Bunga ini berbentuk menyerupai terompet berukuran kecil. Bunga ini berguna sebagai pewarna makanan. Selain itu, bunga ini bisa dimanfaatkan dalam bidang kesehatan seperti mengobati luka terbuka, radang sendi, inflamasi, diuretic dan mempercepat pembentukan urin di dalam tubuh.