Rumah pohon mungkin bukan lagi sebuah bangunan yang aneh dan asing untuk Anda. Mungkin juga, Anda saat ini sudah mempunyai satu rumah pohon di pekarangan Anda. Akan tetapi, apa yang dilakukan oleh Jono Williams ini lebih dari sekedar rumah pohon biasa. Dia berhasil membangun rumah pohon yang terintegrasi dengan Smartphone dan memiliki banyak fitur canggih.

Awal ide pembuatan rumah pohon unik ini berasal dari keinginan Williams untuk membangun bangunan diatas sebuah pohon. Akan tetapi, dia akhirnya memutuskan untuk membuat penyangga khusus yang mempunyai struktus mirip pohon. Penyangga berbentuk pilar ini harus mampu bertahan dari angin besar maupun gangguan lainnya layaknya sebuah pohon. Dan, dia berhasil menciptakan desain bangunan berupa pilar yang menggunakan kolom baja berukuran besar sebagai penopangnya.

Yang menarik, bentuk rumah pohon yang dibangun Williams menyerupai bentuk donat. Pada bagian tengah bangunan yang berlubang, digunakan untuk menempatkan pilar penyangga.

Rumah pohon yang berbentuk lingkaran ini juga mempunyai pemandangan 360 derajat. Penghuni dapat melihat ke berbagai penjuru dari atas rumah pohon ini. Artinya, dalam hal pemandangan, rumah pohon milik Williams ini lebih baik dari rumah pohon biasa yang hanya memiliki jendela kecil.

Ukuran jendela pada rumah pohon ini adalah 2 meter. Sedangkan bila diukur keliling lingkaran bangunan tempat Williams tinggal, maka didapati ukuran 14 meter. Dengan jendela yang terbuat dari kaca transparan yang mengelilingi bangunan, bukan berarti penghuni rumah pohon ini tidak dapat melindungi privasi mereka. Terdapat sistem khusus yang mampu menurunkan tirai untuk menutup jendela saat penghuni membutuhkan privasi.

Yang paling menarik adalah semua fitur yang ada di rumah pohon ini terintegrasi dengan Smartphone. Penghuni dapat mengendalikan hampir semua fitur didalamnya hanya dengan satu sentuhan melalui ponsel mereka, mulai dari pencahayaan, pintu hingga fitur hiburan.

Rumah pohon modern ini juga menggunakan tenaga surya. Hal ini sesuai dengan konsep rumah pohon yang ramah lingkungan.

Meskipun dikatakan rumah pohon, namun fasilitas yang terdapat didalamnya terbilang cukup lengkap. Terdapat tempat tidur ukuran besar, internet, tangga untuk mencapai puncak rumah pohon, lemari pendingin, proyektor dan lain sebagainya.

Akan tetapi, Williams belum membuat kamar mandi didalam rumah pohon ini. Dia berencana untuk membangun kamar mandi yang terpisah yang berada di dekat rumah pohon ini. Jadi, penghuni harus turun dan keluar dari menara rumah pohon untuk menggunakan kamar mandi.

Biaya yang dibutuhkan Williams untuk membangun rumah pohon modern ini cukup besar, yaitu 50.000 Dollar AS atau sekitar Rp. 699 juta. Untuk saat ini, rumah pohon ini tidak akan diperjual belikan. Williams masih berencana untuk mengembangkan dan menyempurnakannya. Tetapi, dia tidak menutup kemungkinan untuk menjualnya di masa mendatang.

Rumah Pohon