Di beberapa kota besar yang ada di Indonesia memang mulai banyak bangunan dari bahan kontainer bekas yang seringkali dijadikan sebagai bangunan khusus untuk bisnis properti komersial. Hal ini bahkan sudah tidak asing lagi di kawasan Amerika dan juga juga beberapa bagian dari negara Eropa lainnya yang memang banyak menggunakan kontainer berjalan sebagai lahan untuk tempat bisnis seperti halnya melakukan perdagangan atau bahkan justru dijadikan sebagai tempat tinggal yang dapat ditempati dengan nyaman.

Kota Jakarta adalah salah satu bagian yang juga mulai mengikuti trend tersebut, hal ini terlihat melalui kehadiran dari beberapa bentuk bangunan yang dibuat dengan menggunakan bahan bekas kontainer itu sendiri. Seperti halnya restoran atau bahkan beberapa cafe, seperti foodcourt Southbox yang ada di kawasan Prapanca. Kemudian ada pula kedai kopi yang dikenal dengan nama Sebastian cafe di kawasan Bintaro juga mulai menggunakan desain bangunan dengan bahan kontainer bekas itu tadi.

Namun sedikit berbeda dengan apa yang ada di luar negeri, untuk kawasan Indonesia sendiri, penggunaan hunian dengan bahan kontainer bekas memang masih terbilang jarang. Namun bukan berarti hal ini tidak dapat dilakukan, karena jika Anda igin memiliki hunian yang cukup unik, maka penggunaan kontainer bekas pun dapat Anda jadikan solusi yang paling tepat. Bahkan untuk saat ini sendiri sudah terdapat beberapa penyedia dari kontainer bekas yang bisa didapatkan dengan mudah dan juga memiliki harga yang relatif terjangkau. Harga kontainer dimulai dari Rp 13 juta hingga Rp70 juta, tergantung perawatan serta desain yang dimilikinya. bagi Anda yang tertarik simaklah beberapa bentuk kelebihan serta kekurangan yang dimilikinya :

Kelebihan

Bangunan dari bahan kontainer bekas memiliki model yang cukup ringkas sehingga memudahkan Anda untuk berpindah dari lokasi satu menuju lokasi lainnya. Selain itu, dalam pendiriannya juga tidak memerlukan IMB atau Izin Mendirikan Bangunan karena bangunan kontainer tersebut bersifat sementara. Untuk instalasi listrik, dan juga air tidak perlu dikhawatirkan karena sudah terpasang dan siap untuk digunakan. Selain itu, harga yang dimilikinya juga jauh lebih murah jika dibandingkan dengan pembangunan rumah dengan ukuran luas yang sama.

Kekurangan

Sementara itu untuk kekurangannya, pengiriman benda yang satu ini hanya dapat dilakukan pada lokasi tertentu saja, seperti halnya lokasi dengan minimal jalan yang dapat dilalui oleh truk roda 10 saja. Selain itu ukuran kontainer juga tidak dapat ditentukan sesuai dengan keinginan, kalau pun bisa, maka membutuhkan pengeluaran dana yang berkali-kali lipat. Selain itu, jika Anda ingin membawa barang yang satu ini menuju lokasi yang memiliki jalan sempit, mungkin dapat dilakukan dengan bantuan dari knockdown, sehingga kontainer tersebut pun dapat dibawa menuju jalan yang jauh lebih sempit. Namun hal ini tentunya membutuhkan pengeluaran yang jauh lebih besar lagi.

Demikianlah kelebihan serta kekurangan yang terdapat dalam bangunan dari bahan kontainer bekas.

Kontainer Bekas