Lahan kosong depan rumah memang seringnya dimanfaatkan pemilik rumah sebagai taman bunga atau tanaman hias. Berbeda dengan lahan di depan rumah, lahan kosong yang ada di belakang atau di samping rumah bisa Anda manfaatkan sebagai lahan untuk menanam berbagai jenis sayuran dan buah-buahan yang dapat Anda petik langsung untuk kebutuhan Anda sendiri. Dengan menanam sendiri sayuran hijau, Anda tak perlu lagi membeli sayuran di warung atau di tukang sayur. Cukup berjalan ke lahan belakang rumah dan petik sayuran segar yang Anda butuhkan. Selain hemat, menanam sayuran dan buah-buahan sendiri di pekarangan rumah sendiri juga dapat membantu kita menjamin kualitas sayuran dan buah-buahan itu sendiri karena kita sendiri yang menanam dan merawatnya. Tak perlu cemas lagi akan penggunaan pestisida dan lain sebagainya.

Terdapat cukup banyak jenis sayuran dan buah-buahan yang dapat ditanam di lahan belakang atau samping rumah Anda. Salah satunya yaitu cabai. Cabai sangat familiar di telinga kita. Bahkan bisa dibilang makan tanpa cabai atau sambal, rasanya ada yang kurang. Selain sebagai bahan utama pembuatan sambal, cabai juga biasa digunakan sebagai bumbu memasak. Tanaman cabai ada banyak jenisnya. Contohnya adalah cabai rawit, cabai merah, cabai cabai hijau, cabai rawit, dan lain sebagainya. Tanaman cabai sangat mudah untuk ditanam. Cukup menyebarkan biji cabai yang sudah dikeringkan sebelumnya.  Untuk perawatan, cukup disiram secara rutin setiap harinya.

Sawi hijau menjadi referensi tanaman bermanfaat lainnya yang boleh Anda tanam di lahan halaman belakang rumah Anda. Tanaman sawi hijau dapat tumbuh subur di daerah dataran rendah dan dataran tinggi. Ketika musim kemarau, tanaman ini memerlukan lebih banyak air sehingga Anda perlu menyiramnya lebih sering setiap harinya. Anda yang tertarik untuk menanam tanaman sawi hijau, bijinya bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko-toko pertanian terdekat.

Terong juga begitu disukai oleh masyarakat kita. Sayuran berbentuk panjang lonjong ini ada beberapa jenis, terutama dilihat dari jenis warna kulitnya. Sebut saja terong ungu dan terong hijau. Berbeda dengan jenis tanaman sayuran pada umumnya, tanaman terong akan tumbuh subur saat musim kemarau karena selama tumbuh tanaman ini memerlukan lebih banyak sinar matahari. Dan tahukah Anda, tanaman terong ini masih satu family dengan beberapa jenis tanaman sayur lainnya seperti kentang, tomat, dan cabai.

Siapa yang tidak suka tomat? Sebagian besar orang menyukai tomat. Tomat yang sudah masak dari pohonnya berwarna merah terang. Rasanya asam-asam manis dan sangat segar. Tomat selain dapat dimasak langsung juga dapat dibuat jus yang segar. Tomat juga sering digunakan sebagai bumbu atau bahan campuran masakan atau campuran untuk membuat sambal. Cara menanamnya sangat mudah. Cukup sebarkan biji tomat yang sudah dikeringkan ke media tanam dan tunggu hingga tumbuh kecambah. Siram kecambah secara rutin hingga kecambah tumbuh menjadi tanaman tomat muda. Gunakan pupuk kandang atau pupuk organik sebagai nutrisi tambahan bagi tanaman. Bila perlu hindari penggunaan pestisida agar terminimalisir kandungan zat kimia pada tanaman tomat Anda.

lahan rumah