Bagi Anda yang suka sekali berkebun, kebun atau taman menjadi elemen penting di rumah. Sayangnya, tidak semua rumah memiliki kebun dan taman. Bisa jadi karena ukuran tanah yang terlalu kecil, rumah Anda tidak memiliki kebun atau taman. Lalu, apa itu berarti Anda tidak bisa memiliki kebun atau taman di rumah?

Tentu saja tidak. Anda masih tetap bisa memiliki kebun di rumah. Namun, kebun tersebut sedikit unik dibanding dengan kebun biasanya. Kebun tersebut adalah kebun vertikal atau biasa disebut dengan vertical garden. Bentuk kebun seperti ini sangat digandrungi di perkotaan. Pasalnya, bentuk kebun yang vertikal merupakan solusi bagi mereka yang tetap ingin memiliki kebun di rumah.

Selain itu, lahan hijau juga kembali terbuka karena kebun vertikal ini. Walaupun sepertinya rumit, namun kebun ini sangat mudah untuk dibuat di rumah. Anda hanya perlu menyiapkan pot dan tamanan. Susun pot ke atas atau secara vertikal. Masukkan tanaman yang sudah Anda siapkan. Jenis tanaman yang bisa digunakan untuk kebun bentuk baru ini adalah tanaman rambat.

Tanaman rambat dipilih karena saat tumbuh, tamanan ini merambat sehingga akan menutupi pot. Jika sudah merambat, lahan vertikal akan tampak lebih indah dan lebih hijau. Penggunaan kebun vertikal juga dinilai efisien karena menghemat tempat. Dengan menempatkan kebun bentuk ini di rumah, panas sinar matahari bisa ditekan.

Bahkan, menempatkan kebun ini dengan tepat dapat pula mengurangi kebisingan dari luar rumah. Yang pasti ketersediaan oksigen di sekitar rumah menjadi lebih banyak yang artinya suasana sekitar rumah jauh lebih nyaman dan sejuk. Lebih lanjut lagi, kebun vertikal juga sangat berguna saat musim hujan. Dengan adanya kebun seperti ini di rumah saat musim hujan, tampias hujan dapat dikurangi.

Perawatan kebun seperti ini juga sangat mudah. Usahakan untuk menempatkan kebun tersebut di area yang terkena matahari secara langsung. Tanaman sangat membutuhkan sinar matahari untuk proses fotosintesis. Dengan begitu tanaman tidak cepat layu. Untuk penyiraman, Anda bisa melakukannya seperti biasa melalu selang.

Jika musim hujan tiba, Anda juga tidak perlu menyirami tanaman tersebut karena sudah mendapatkan cukup air. Jika sudah terlalu panjang, Anda hanya perlu menurunkan pot dan memotong beberapa bagian tanaman yang sudah panjang.

Padukan beberapa tamanan dalam berbagai bentuk dan warna. Anda bisa menempatkan kebun semacam ini di sekitar dinding rumah bagian belakang, rumah bagian samping, atau bahkan rumah bagian depan.

Hal ini membuktikan bahwa kebun ini sangat fleksibel dan dapat diaplikasikan untuk bentuk bangunan apapun termasuk gedung perkantoran, apartemen, hotel, dan lain sebagainya. Kini, Anda tak perlu khawatir tidak bisa berkebun karena sudah ada kebun vertikal. Cobalah!

Kebun Vertikal