Memiliki rumah dengan posisi yang berada di lahan huk sedangkan arah bagian depan justru ada di posisi cul de sac, yang biasanya terjadi karena arah jalan yang tertutup seringkali membuat para penghuni rumah menjadi memiliki tantangan baru untuk menghiasnya dengan bentuk taman yang berbeda dari biasanya melalui cara menyiasati lahan kuldesak. Bagi lahan dengan posisi yang satu ini, biasanya para arsitek akan merasa tertantang untuk menanganinya dengan beberapa bentuk peninjauan yang jauh lebih baik  dan sedikit unik dari biasanya dalam merancangan sebuah hunian. Salah satu contoh kasus seperti ini terbukti melalui sebuah rumah hunian yang terdapat pada kawasan PIK di Jakarta Utara.

Dalam akses jalan menuju rumah tersebut memang sengaja ditutup oleh pihak pengembangan, sehingga membuat arah depan dari rumah yang satu ini menjadi berada dalam posisi yang cul de sac. Karena itulah dalam menangani rumah ini pun para arsitek yang juga dibantu oleh pihak dari tim lansekap membuat suatu konsep dengan bentuk taman yang berlapis atau lebih dikenal dengan sebutan multilayer pada beberapa bentuk titik area tertentu.  Sementara itu pada salah satu bentuk dari sisi bangunan yang terdapat di dalamnya justru dibuat dengan balutan dari tanaman hijau yang jauh lebih teduh seperti halnya pada trambesi.

Sementara itu, untuk menyiasati lahan kuldesak bentuk penyesuaian yang bisa Anda lakukan berkaitan dengan iklim mikro dari area tersebut, Anda juga bisa menerapkan sistem dari konsep shady garden yaitu menggunakan tanaman hias dari daun yang bernuansa hijau seperti halnya pada kadaka, clathea, tanduk rusa, dan juga philodendron

Selain beberapa jenis tanaman di atas, Anda juga bia menggunakan tanaman dari jenis Lee Kuan Yeu yang ditanam untuk lantai kedua dari umah hunian Anda, yang memang sudah tumbuh dengan bentuk memanjang dan menjuntai hingga menutupi bagian dinding rumah dan menyerupai bentuk tirai yang bermula dari tanaman hias. Kemudian ada juga bentuk tanaman lainnya seperti pada tanaman katapang serta kamboja yang mana bisa digunakan sebagai jenis tanaman peneduh yang mana karena tingkat toleransinya yang cukup tinggi, maka memungkinkannya untuk tumbuh di area mana pun.

Taman memang menjadi hal yang sangat penting dan perlu untuk Anda perhatikan, karena keberadaan dari taman itu sendiri sering dianggap sebagai bentuk oase  yang mampu meredam dari teriknya matahari. Segingga seperti apapun bentuk hunian yang Anda miliki tentunya sangat penting untuk menghadirkan nuansa dari taman tersebut menuju bagian dalamnya. Itulah sebabnya bidang dinding yang dimiliki dari rumah ini yang mana berbatasan dengan taman tersebut sengaja dibuat dengan desain yang transparant. Hal ini berguna untuk membuat view dari area hijau yang berada di posisi luar rumah pun dapat Anda rasakan sejuknya dari dalam rumah. Karena komposisi dari taman ini memang terlihat lebih menyatu dengan bentuk kanopi trembesi untuk tanaman yang berada di luar pagar dalam menyiasati lahan kuldesak itu tadi.

Lahan Kuldesak