Setiap rumah pasti menginginkan adanya taman didalamnya. Namun karena terbatasnya luas lahan yang Anda miliki menjadikan Anda mengurungkan niat untuk membangun taman. Ternyata Anda dapat membangun sebuah taman meskipun luas lahan rumah Anda tidak terlalu besar dan lega. Namun untuk mendapatkan hasil yang menarik serta rapi Anda membutuhkan sebuah perencanaan secara tepat dan pasti.

Salah satu konsep taman yang dapat taman yang unik pada luas lahan sempit dengan konsep yang bertema “Fantasy Garden”. Pencetus dari taman ini adalah Andi dan Doni yang merupakan seorang desainer landscape yang berasal dari X-Otic Garden.

Keunikan dan Desain dari Fantasy Garden

Fantasy Garden merupakan taman yang unik pada luas lahan sempit dimana keunikannya berasal dari penggunaan luas lahan yang hanya berkisar 1-2 meter. Sehingga tidak membutuhkan lahan yang begitu luas. Selain itu konsep yang diangkat dari taman ini merupakan sebuah gambaran view kolam ikan koi yang letaknya mengarah vertikal.

Ditambah lagi digambarkan pola gelombang air atau wave pada bagian dindingnya yang juga dilapisi dengan rumput sintetis (synthetic grass) yang menjadikan sebuah latar belakang untuk dasar kolam tersebut. agar dapat menyamarkan dinding pada sisi yang lainnya maka digunakan beberapa jajaran dari tanaman Calathea.

Pada sisi horizontal

Untuk bagian yang mengarah horizontal diisi menggunakan tanaman kucai kerdil yang menjadi ground cover. Mengapa dipilih tanaman kucai kerdil? Karena hanya tanaman tersebut yang mampu bertahan pada iklim yang ada di Indonesia.

Dari beberapa hamparan tanaman tersebut yang mempunyai warna hijau tua yang pekat, terdapat beberapa jenis tanaman yang bernama Bromelia yang merupakan sebuah ekosistem daun dengan bentuk rosset. Sedangkan warna daun yang berwarna atau color menjadikannya sebagai aksen.

Pelengkap dari Fantasy Garden

Agar memberikan kesan atu suasana yang mendukung untuk membuat Fantasy Garden semakin sempurna maka dibutuhkan beberapa bagian tanaman yang lainnya seperti hard material berupa ikan koi dan sebagainya, aksesoris, serta adanya pencahayaan yang sangat optimal.

Pembuatan Ornamen Lampu

Untuk membuat ornament lampu pada Fantasy Garden maka Anda dapat menggunakan kerangka besi yang dibentuk kerucut dan meletakannya dengan posisi terbalik. Lalu bagian dalamnya Anda isi dengan bongkahan batu cadas.

Sehingga pada saat lampu dinyalakan akan terdapat bias cahaya lampu yang dapat menembus diantara celah-celah batu tersebut. Dengan demikian suasana yang diberikan akan semakin eksotis dan membuat restoran tersebut menjadi terasa lebih romantis.

Jika Anda mempunyai luas lahan yang terbilang sempit maka Anda dapat menjadikan taman yang unik pada luas lahan sempit ini berada didalam rumah Anda. Sehingga Anda masih tetap merasakan keindahan taman didalam rumah meskipun lahan yang Anda miliki tidak luas.

Taman Yang Unik