Desain fasad saat ini mulai populer di banyak kalangan pemilik rumah, karena desain yang diterapkan nantinya akan menunjukkan ciri khas dari pemilik rumah yang bersangkutan. Fasad sendiri adalah desain khusus yang diterapkan pada bagian depan rumah atau bagian rumah yang umumnya akan terlihat lebih dahulu dari kejauhan saat ada tamu berkunjung. Model fasad sendiri bisa bermacam-macam, bisa dengan menggunakan barang bekas daur ulang atau tumbuhan hijau. Namun demikian, ketika Anda memanfaatkan pola bangunan untuk menerapkan fasad ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan seperti:

Tekstur rumah

Ketika Anda ingin menerapkan desain fasad dengan menggunakan aneka bahan yang ada di sekitar, Anda harus memperhatikan terlebih dahulu tekstur rumah atau tekstur dinding yang dimiliki. Hal ini untuk menjamin bahan yang Anda tambahkan ke dinding nantinya menyatu dan terlihat menarik. Sebagai contoh ketika Anda ingin menambahkan tumbuhan hijau atau rumput yang dibuat dengan desain seolah menempel di dinding. Anda harus memastikan dinding bangunan yang Anda miliki tidak lembab atau mudah terkontaminasi jamur agar nantinya pola tumbuhan hijau yang ditambahkan terlihat asri.

Bahan bangunan

Ketika Anda ingin menerapkan fasad ke rumah Anda, perhatikan pula jenis bahan bangunan yang digunakan untuk tampilan eksterior. Hal tersebut karena pemilihan komponen fasad yang tepat akan semakin menguatkan tampilan yang diinginkan pemilik rumah. Terkait masalah bahan bangunan, pastikan pula bahan bangunan yang Anda gunakan kokoh dan tidak mudah mengalami korosi. Sebagai contoh ada sebuah bangunan kontemporer yang bagian samping rumahnya ingin didesain dengan tambahan kayu yang didesain timbul, maka dinding bangunan yang asli harus mendukung pemasangan komponen kayu tersebut agar terlihat elegan dan mewah.

Pemanfaatan cahaya

Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah masalah pemanfaatan cahaya. Hal tersebut terkait dengan kebutuhan sirkulasi udara dan pencahayaan yang akan membuat rumah terasa hangat dan nyaman. Salah satu fasad yang berhubungan dengan pemanfaatan cahaya dan diterapkan di lingkungan pedesaan adalah pemakaian CD sebagai material tambahan rumah. Penempelan CD bekas di dinding rumah menjadikan pantulan cahaya yang terserap memantul dengan indahnya seperti pelangi. Desain seperti ini diterapkan di Afrika Selatan dengan sebutan “sound of light.”

Garis terapan

Pertimbangan berikutnya yang harus Anda pikirkan adalah masalah garis terapan. Setiap rumah pastinya memiliki kontur garis tertentu yang dapat ditambah dengan bahan fasad yang sesuai dengan karakter pemilik rumah. Kontur garis tersebut nantinya juga harus didesain dengan bahan yang tidak akan merusak desain dinding yang sudah ada sebelumnya. Sebagai contoh ketika Anda ingin menambah material metal untuk menambah efek kontemporer, tentunya desain fasad metal yang ditempel disesuaikan dengan garis terapan yang ada.

Desain Fasad