Anda memiliki ruang terbuka di atas rumah yang masih terbengkalai? Kini saatnya Anda menjadikan ruang terbuka tersebut agar memiliki fungsi. Pasalnya, ada banyak cara untuk memberikan fungsi pada ruang terbuka di atas rumah Anda.

Contoh pemanfaatan ruang terbuka di atas rumah adalah dengan menjadikan area tersebut sebagai area rekreasi. Ya! Hal itu sangat mungkin Anda lakukan. Caranya adalah dengan mendesain ruang terbuka tersebut.

Jika Anda menyukai tanaman, maka Anda bisa memberikan beragam jenis tanaman di area tersebut. Berikan meja dan kursi serta payung sebagai tempat Anda beristirahat. Jika tanaman mulai berbunga dan tumbuh subur, Anda pun bisa menikmatinya sembari membaca buku, meminum teh atau kopi. Anda akan benar-benar memiliki tempat rekreasi yang tidak jauh dari rumah.

Membuat ruang terbuka sebagai tempat rekreasi bukanlah satu-satunya cara untuk memanfaatkan ruang terbuka di atas rumah Anda. Selain membuatnya menjadi tempat rekreasi, Anda juga bisa membuat ruang terbuka tersebut sebagai tempat pendukung hobi Anda.

Bahkan, Anda bisa memanfaatkan area terbuka di atas rumah sebagai area Anda untuk memasak. Pasang beberapa perlengkapan memasak Anda seperti BBQ set atau pemanggang di area tersebut. Jangan lupa untuk menatanya sedemikian rupa agar area tersebut nyaman dan indah.

Untuk mendukung pemanfaatan ruang terbuka sebagai area memasak, tanamanlah beberapa tanaman pangan seperti sayuran dan berbagai bumbu dapur. Jika Anda membutuhkan bumbu dapur, maka Anda hanya perlu memetiknya di taman mini Anda yang tidak jauh dari dapur.

Jika memungkinkan tambahkan set meja dan kursi sebagai tempat untuk menyantap makanan yang sudah Anda buat tersebut. Area terbuka di atas rumah pun bisa menjadi sarana untuk menunjang hobi Anda yang lainnya.

Hobi sederhana seperti membaca atau menulis pun bisa menjadi inspirasi untuk menata area terbuka di atas rumah tersebut. Misalnya, berilah beberapa tanaman di sudut-sudut area tersebut. Kemudian, tempatkan set sofa dan payung agar Anda terlindungi dari teriknya sinar matahari.

Jika areanya besar, maka gunakan sofa yang berukuran besar sehingga saat lelah pun Anda bisa beristirahat di tempat tersebut. Bahkan, Anda pun bisa mengajak teman-teman yang datang ke rumah untuk menikmatik keindahan dari area terbuka di atas rumah Anda tersebut dengan nyaman.

Material-material dari kayu sangat sesuai untuk rencana pemanfaatan ruang terbuka ini sehingga kesan ruangan tersebut lebih natural. Bagaimana jika Anda suka sekali menonton film? Tidak masalah, Anda hanya perlu menyulap ruang terbuka di atas rumah Anda tersebut menjadi sebuah ruang teater yang sangat nyaman bahkan sangat indah.

Setelah semua tanaman dan sofa sudah siap, Anda hanya perlu memasang layar dan LCD. Pastikan gambar terlihat jelas dan peralatan elektronik Anda juga aman. Dalam waktu singkat, Anda sudah memiliki ruang teater sendiri di rumah.

2.Pemanfaatan Ruang Terbuka di Atas Rumah2