Sebuah rumah saat ini tidak hanya berfungsi sebagai sekedar rumah tinggal yang dijadikan untuk tempat berlindung dan berkumpul bersama keluarga. Desain yang diterapkan pada rumah membantu menentukan indah atau tidaknya rumah tersebut. Selain itu, desain rumah biasanya juga telah mewakili kepribadian para pemiliknya.

Saat ini tidak sedikit rumah – rumah yang dibuat dengan bentuk unik, menggunakan bahan – bahan yang tak lazim, dan bahkan didirikan di tempat yang ekstrim. Jika Anda termasuk penggemar film – film fantasi anak atau dongeng, rumah – rumah dalam film tersebut biasanya berada di tengah padang rumput dengan ukuran yang mungil dan menggunakan pintu kayu di bagian depannya.

Ternyata bangunan unik berupa rumah mungil dengan atap segitiga runcing dan pintu kayu tidak hanya dapat dilihat di dalam film saja. Pasalnya rumah tersebut sudah dapat diwujudkan di dalam dunia nyata. Saat pertama kali melihat bentuknya, rumah tersebut akan terlihat seperti pada rumah – rumah yang ada di dalam film fantasi anak.

Tetapi rumah tersebut sebenarnya ada di dalam dunia nyata di mana kita dapat melihat dan masuk ke dalamnya. Bahkan Anda kini dapat memesan rumah seperti itu. Seorang pengrajin kayu bernama Dan Pauly telah membuka sebuah studio di tempat tinggalnya.

Pada akhir abad ke 18, kakek buyut Pauly hijrah ke Amerika Serikat. Sang Kakek telah banyak berjasa mendirikan banyak lumbung kuno dramatis di wilayah Minnesota. Bahkan lumbung – lumbung kuno tersebut sampai saat ini masih berdiri. Akhirnya Pauly pun mengikuti jejak sang kakek.

Pauly mencoba memberikan sentuhan whimsical khasnya pada proyek – proyek yang ia buat. Hingga saat ini, Pauly sendiri telah membuat berbagai lumbung, sauna, dan outhouse. Semua bangunan unik hasil karya Pauly dilengkapi dengan cerobong asap dana tap yang sangat khas dengan bentuk ala dunia di negeri dongeng.

Bentuk tersebut memberikan keindahan tersendiri untuk lansekap di Minnesota pada setiap musimnya. Walaupun bangunan tersebut terlihat sederhana di bagian luarnya, namun interior di rumah ini jauh dari kesan sederhana. Interior di dalam rumah tersebut cukup membuat siapa saja yang masuk ke sana merasa kagum dan ingin tinggal di sana.

“Setiap kali saya membuka pintu kadang hewan ternak atau gubuk kuno, saya sadar bahwa saya juga dapat menjadi seorang ahli kayu mengikuti jejak kakek buyut saya,” demikian tulis Pauly seperti dikutip dari laman Architecture N Design.

“Sampai Anda mendirikan lagi lumbung kuno, Anda tidak dapat membayangkan seperti apa usaha yang dilakukan oleh pengrajin jaman dulu untuk membuatnya. Setiap bangunan merupakan sebuah karya seni. Kayu tersebut merefleksikan warisan lama kita dan mempunyai sebuk dan patina yang jauh lebih menarik dan kaya jika dibandingkan dengan kayu modern,” lanjut Pauly.

Selain itu, Pauly juga telah membuat bangunan unik berupa gubuk kebun luxurious yang harganya dapat mencapai $ 14.000 lebih atau senilai Rp 1,9 milyar. Dengan arsitektur yang mengagumkan, apakah harga yang mahal ini setimpal?

Bangunan Unik