Kematian penyanyi sekaligus pengarang lagu jenis David Bowie beberapa waktu yang lalu menjadi hari terkelam khususnya untuk penggemar penyanyi ini. Banyak dari mereka melakukan banyak hal untuk mengenang bintang rock asal Inggris ini. Tetapi, yang dilakukan oleh Sunay Erdem dan saudaranya Gunay Erdem terbilang cukup unik. Mereka membangun rumah sarang burung yang terinspirasi penyanyi legendaris ini.

Sunay dan Gunay Erdem sendiri merupakan arsitek asal Turki yang sudah kenyang pengalaman dan penghargaan. Mereka berhasil membangun banyak bangunan ikonik, seperti La Spezia Port yang berdesain seperti rumah pohon dan berfungsi untuk tempat tinggal tunawisma di San Fransisco. Mereka juga mengerjakan 40 lebih proyek di berbagai negara. Ditambah lagi, sudah lebih dari 50 penghargaan internasional yang mereka terima dalam bidang arsitektur.

Untuk David Bowie, mereka merancang rumah yang terbilang sangat unik dan luar biasa. Proyek ini terinsiprasi dari lagu David Bowie “Thru These Architect’s Eyes”. Pada lagu ini, Bowie menyampaikan kritik terhadap gedung-gedung tinggi di kota metropolitan.

Pada video klip lagu ini, David Bowie terlihat menatap ke atas dan memimpikan dapat melihat langit biru tanpa hambatan. Dia ingin bebas dari gedung-gedung bertingkat dan menyatu dengan alam yang masih hijau. Video inilah yang menjadi inspirasi dua bersaudara ini.

Untuk mewujudkan hal ini, Sunay dan Gunay Erdem memilih lokasi yang jauh dari kota dan gedung-gedung. Karena dalam lagu tersebut Bowie ingin menyatu dengan alam, maka konsep ini juga akan diterapkan pada rumah sarang burung.

Misalnya, Sunay dan Gunay akan menggunakan pohon-pohon sebagai penyangga atau tiang utama dari rumah ini. Bentuk sarang burung juga dipilih karena sesuai dengan lagu tersebut, dimana Bowie ingin bebas memandang langit. Karena desain ini pula, maka akses yang tersedia untuk masuk dan keluar dari rumah ini hanya berasal dari satu tempat dan menggunakan tali.

Yang menarik, dua arsitek bersaudara ini tidak akan membangun dapur atau kamar mandi. Semua kegiatan di dua tempat tersebut akan dilakukan di alam.

Bila proyek ini sudah selesai nantinya, rumah ini akan terwujud dengan luas sekitar 7 meter persegi. Didalamnya terdapat ruang ganda dengan satu tempat tidur. Rumah ini juga rencananya akan digunakan untuk menyimpan arsip dan dokumen mengenai David Bowie.

Rumah yang terinspirasi dari David Bowie ini juga akan dibangun di lokasi dekat dengan tempat kelahiran penyanyi ini, yaitu London. Namun, kedua arsitek ini memilih area di sekitar London yang masih asri dan terdapat banyak pohon, serta bebas dari bangunan tinggi.

Belum diketahui kapan proyek ini mulai dibangun dan tanggal pasti selesainya. Yang pasti, rumah sarang burung ala David Bowie ini akan menjadi salah satu karya arsitektur yang mengagumkan.

Rumah Sarang Burung