Greyson Perry, seorang artis pembuat keramik ternama telah resmi mempunyai rumah hunian idaman yang ia namai dengan sebutan House of Essex. Rumah ini sengaa didesain untuk membangkitkan tradisi gereja yang ada di daerah tersebut yakni Essex, Inggris.

Mengusung desain yang unik, bangunan tunggal tersebut terlihat cukup kontras berada di antara pepohonan yang berdiri di lahan sekitarnya. Rumah unik rancangan Greyson Perry tersebut terlihat berbeda karena tidak meniru bahan bangunan atau tampilan rumah – rumah di desa setempat.

Sebaliknya, rumah yang berada di desa Wrabness ini mempunyai desain unik berkat material dan bentuk yang berhubungan dengan situs tersebut. Sebagai contoh bentuk atapnya senada dengan rumah – rumah pertanian dan ubin buatan tangan senada dengan rumput – rumput liar.

Selain itu, hampir seluruh bagian rumah ini dibuat dengan melibatkan material keramik. Hal ini tidak mengejutkan mengingat si pemilik rumah merupakan pembuat keramik. Bentuk rumah itu sendiri terlihat solid dan seperti sebuah gudang.

Rangkaian yang sederhana pada bentuk rumah meningkatkan skala dari pintu masuk ke dalam ruang utama. Tiap ruang di rumah unik ini mempunyai volume yang berbeda – beda. Bangunan rumah ini juga sengaja dibuat dengan mengikuti kontur bukit. Oleh sebab itu, rumah ini pun menyajikan 2 wajah yang berbeda yakni rumah bergaya formal karena meningkat ke utara dan rumah yang sederhana dengan teras pintu masuk ke arah selatan.

Pengunjung atau tamu dapat masuk ke dalam rumah ini dari selatan atau dari belakang melewati rangkaian ruang dengan puncak terdapat di ruang tamu yang memiliki ketinggian ganda dan juga dilapisi dengan panel kayu dekoratif. Tidak hanya itu saja, untuk membuat ruang tamu ini semakin hangat dan nyaman sang pemilik juga sudah melengkapinya dengan permadani yang berwarna terang.

Di bagian lantai atas rumah ini terdapat dua buah kamar tidur. Kamar tersebut menawarkan pemandangan lanskap ke barat dan timur sehingga penghuni kamar dapat memperoleh pemandangan yang indah ketika berada di kamar.

Loncatan dari volume ruangan mampu menciptakan rangkaian ruang yang terlihat seperti saling mendorong satu dengan yang lain. Misalnya saja lantai pada kamar tidur pertama juga dilengkapi dengan balkon yang terlihat di dalam ruang tamu. Sedangkan kamar mandi di rumah ini letaknya seperti lorong.

Bagian interior rumah unik ini juga semakin terlihat menarik karena diisi dengan beberapa karya seni. Karya – karya seni tersebut memang telah disiapkan secara khusus oleh Grayson Perry meliputi permadani yang indah, kayu dekoratif, kayu mosaik, pot, dan benda seni lainnya. Karena banyaknya benda menarik di dalam rumah ini, memasuki rumah ini akan membuat para tamu berdecak kagum dan seolah – olah sedang berkunjung ke dalam sebuah museum.

Rumah Unik