Bila Anda termasuk salah satu pecinta tanaman dan berniat untuk memiliki sebuah taman mungil di lahan pekarangan yang sempit, Anda dapat membuat taman sendiri dengan memanfaatkan bahan seperti paralon. Dengan beberapa langkah sederhana, selain dapat memperoleh taman yang murah tetapi terlihat menarik, Anda juga dapat menanami taman tersebut dengan berbagai macam tumbuh – tumbuhan mulai dari tanaman obat, tanaman bunga, hingga tanaman buah yang menjalar.

Untuk membuat taman yang mungil dan efektif dari bahan paralon tidaklah sulit. Dilansir dari laman instructables,hal pertama yang wajib dilakukan untuk membuat sebuah taman paralon yang menggantung adalah dengan mempersiapkan paralon dengan diameter yang cukup besar mengingat paralon tersebut akan menjadi media untuk meletakkan tanaman.

Paralon dapat diperoleh dari toko bangunan dan tersedia dalam pilihaan yang beragam. Jika Anda ingin berhemat dan memanfaatkan barang yang sudah tidak terpakai di rumah, paralon bekas yang sudah tak dipakai lagi pun dapat digunakan untuk membuat taman gantung ini.

Jika paralon sudah siap,bersihkan paralon secara menyeluruh sampai tidak ada cat dan kotoran yang mengelupas. Setelah itu olesi permukaan paralon dengan sabun dan kocok sampai dipastikan tidak ada lagi kotoran yang menempel di paralon.

Taman Gantung

Tahao berikutnya adalah membuat rongga udara di sepanjang paralon. Beri lubang di bagian bawahnya. Cara ini penting untuk dilakukan karena bertujuan untuk menjaga drainase. Selain itu jangan lupa juga untuk memberi penutup di kedua ujung paralon supaya pupuk dan tanah tidak tumpah.

Lakukan langkah tersebut sesudai dengan jumlah paralon yang akan digunakan untuk membuat taman tersebut. Setelah itu hubungan dengan menggunakan kayu supaya dapat menjadi satu kesatuan. Tempatkan taman gantung paralon yang sudah Anda buat tadi di tempat yang tepat atau sesuai dengan keinginan Anda.

Taman tersebut idealnya harus berada di tempat yang tepat. Taman dari paralon ini idealnya harus ditempatkan di tempat yang mendapatkan cahaya matahari tetapi juga sebaiknya terlindung dari angin kencang. Bila Anda juga termasuk pengagum keselarasan warna dan tidak ingin taman paralon tersebut terlihat biasa – biasa saja, maka Anda dapat mengecat bagian luar paralon tersebut sampai terlihat sama dengan warna cat tembok pada rumah hunian Anda.

Langkah yang terakhir adalah menambahkan media tanam berupa campuran pupuk dan tanah serta bibit tanaman yang akan ditanam. Tanah yang digunakan sebaiknya disesuaikan dengan jenis bibit tanaman yang akan ditanam. Anda juga tidak perlu mengisi paralon tersebut dengan tanah hingga penuh.

Siram taman tersebut dengan air secara teratur. Rawatlah tanaman pada taman gantung tersebut seperti merawat tanaman hias pada umumnya dan Anda pun dapat menikmati indahnya taman unik dari paralon yang merupakan buatan Anda sendiri. Selamat mencoba!

Taman Gantung