Saat ini rooftop garden sedang menjadi daya tarik yang sangat kuat ketika sedang membangun rumah. Karena dengan adanya rooftop garden ini menjadikan taman yang ada dirumah lebih terasa privat dan memberikan kesan yang berbeda dari taman yang biasanya ada dibelakang rumah.

Selain itu dalam pembuatan rooftop garden ini juga dibutuhkan tenaga professional dalam mengaturnya sehingga akan membuat tampilannya menjadi lebih cantik. Untuk membuat rooftop garden Anda juga akan membutuhkan tanaman untuk rooftop garden. Berikut ini beberapa tanaman yang dapat Anda pilih untuk rooftop garden milik Anda.

Tanaman Untuk Rooftop Garden

Ketika Anda telah melakukan pemasangan pada media tanam maka langkah selanjutnya adalah memilih tanaman yang sudah diseusaikan dari rekomendasi oleh para tenaga professional. Anda dapat memilih beberapa jenis tanaman diantaranya ada dedaunan puring, daun calathea, bromeliad, kamboja jepang, sampai dengan bougenville semuanya dapat Anda jadikan sebagai tanaman untuk rooftop garden.

Pastikan tanaman yang Anda pilih adalah tanaman yang tahan dari paparan sinar matahari secara langsung. Karena jika Anda memilih tanaman yang tidak kuat terpapar sinar matahari akan membuat tanaman tersebut menjadi layu dan membuat taman yang Anda buat menjadi tidak berwarna hijau dan hidup. Yang ada akan memberikan kesan lusuh dan tidak menarik. Dan pastikan tanaman tersebut juga kuat dari terpaan angin karena tanaman yang ditanam pada rooftop garden lebih sering terkena terpaan angin yang lebih kencang.

Pemilihan Jenis Tanaman

Tanaman yang Anda pilih haruslah sesuai dengan jenis roof garden serta kemampuan pada media tanamnya. Misalnya saja untuk extensive roof garden Anda dapat menggunakan tanaman seperti rerumputan. Sedangkan untuk semi intensive roof garden tanaman yang dapat Anda tambahkan untuk mempercantik rooftop Anda adalah tanaman yang berjenis semak.

Untuk bagian intensive roof garden Anda hanya dapat menanamkannya dengan jenis pohon yang ukurannya kecil dan akar yang dimiliki dari tanaman tersebut tidak terlalu tinggi atau dangkal karena jika akarnya adalah serabut akan membuat struktur beton dak rumah Anda menjadi rusak.

Perawatan Yang Harus Dilakukan Untuk Rooftop Garden

Tanaman untuk rooftop garden juga sama halnya dengan taman yang lainnya yaitu sama-sama membutuhkan sebuah perawatan sehingga tanaman tersebut tetap terlihat indah, cantik, dan sedap dipandang. Untuk perawatannya Anda harus menyiram tanaman sebanyak 2 kali dalam satu hari.

Anda juga harus memberikan pupuk organik serta menggunakan obat hama yang diberikan secara rutin dengan periode yang berbeda sesuai dengan jenis roof garden. Dalam melakukan penyiraman, Anda dapat menggunakan sistem irigasi tetes, shrubller serta water sprinkler. Selain itu pastikan juga jika jalur drainase yang Anda buat posisinya mengarah langsung dengan saluran utama untuk pembuangan air agar nantinya air yang keluar tidak berceceran kemana-mana.

Rooftop Garden