Sibuk dengan pekerjaan kantor yang tak kunjung selesai membuat kita mau tak mau harus membawa pulang pekerjaan kantor ke rumah. Diperlukan ruangan khusus untuk dapat menyelesaikan pekerjaan kantor yang belum sempat diselesaikan di kantor. Terlebih kata ‘deadline’ selalu menghantui kita. Ruang kerja di rumah memang sangat diperlukan untuk kondisi semacam ini. Tentu sangat tidak mungkin jika Anda mengerjakan pekerjaan kantor Anda di meja makan, meja tamu, bahkan kamar tidur. Pasalnya ruangan-ruangan ini pastinya digunakan oleh anggota keluarga lain dan untuk kegiatan lain. Terlebih Anda membutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi agar semua pekerjaan kantor dapat diselesaikan dengan baik. Berbicara soal desain ruang kerja minimalis, berikut terdapat 5 referensi ruang kerja minimalis yang boleh Anda jadikan inspirasi untuk ruang kerja Anda di rumah.

Ruang Kerja Di Bawah Tangga

Desain ruang kerja yang satu ini didesain khusus untuk Anda yang memiliki tangga di rumah Anda. Seringnya ruang di bawah tangga dibiarkan kosong dan tidak dimanfaatkan. Alangkah baiknya jika Anda manfaatkan sebagai ruang kerja mungil Anda. Tambahkan lemari kecil sebagai furniture untuk penyimpanan. Tambahkan juga sebuah meja dan kursi dengan desain yang sederhana. Dalam memilih meja dengan luas kurang dari setengah dari luas space kosong di bawah tangga. Demikian juga dengan ukuran kabinet. Pastikan ukuran kabinet yang tepat dan tidak memakan space.

Ruang Kerja dengan Banyak Rak Dokumen

Apabila Anda hanya memiliki sisa ruang yang sempit untuk dijadikan ruang kerja, akali dengan penempatan rak-rak dokumen yang ditata secara teratur. Selain sebagai tempat penyimpanan dokumen, rak-rak ini juga bisa berfungsi sebagai unsur dekoratif bagi ruang kerja Anda. Rekomendasi lainnya yaitu rak dokumen yang menyatu dengan meja kerja. Model furniture kantor ini sangat efektif dan cocok untuk ruang kantor dengan luas yang terbatas. Kelebihan lainnya yaitu ruang kantor akan terlihat rapi.

Ruang Kerja di Area Tangga Darurat

Desain ruang kerja yang satu ini tepat sekali untuk diaplikasikan pada rumah yang memiliki jalur rahasia yang dilengkapi dengan tangga darurat. Ruangan ini umumnya tidak luas dan lokasinya berada di area yang lebih tinggi. Untuk mengurangi rasa takut akibat ketinggian ruangan yang memang sedikit berlebihan, Anda bisa atur tingkat kemiringannya. Ide ini pastinya akan membuat ruang kerja Anda unik dan menarik. Agar desain kantor kerja Anda ini tetap nyaman, tambahkan rak dengan model yang menutupi seluruh dinding ruangan yang menghadap Anda. Kursi kerja Anda sebaiknya disesuaikan ukurannya dengan luas ruangan. Demikian juga dengan furniture kantor lainnya, seperti meja, kabinet, dan lain sebagainya.

Ruang Kerja Tersembunyi dan Ruang Kerja Di Lorong

Ruang kerja tersembunyi dapat diaplikasikan pada apartemen atau rumah yang luasnya terbatas. Meski terbilang sempit, ruang kerja dengan desain ini dapat digunakan untuk berbagai hal yang berkaitan dengan pekerjaan. Furniture seperti rak buku, kabinet, lemari, meja, dan kursi kantor ditata menjadi satu.

Ruang Kerja