Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan serial animasi The Flintstones. Animasi ini menceritakan tentang kehidupan keluarga – keluarga di zaman batu. Pada serial tersebut, ada banyak kejadian menarik dan lucu kerap dimunculkan yang mampu menghibur para penonton serial ini.

Baik kejadian lucu antara pasangan suami istri dalam keluarga Flintstone yaitu Fred dan Wilma, teman, maupun tetangga mereka. Jika berbicara mengenai serial animasi ini, kita pun akan langsung teringat dengan rumah batu yang menjadi tempat tinggal keluarga Flintstone. Ternyata rumah yang semua materialnya dari batu itu tidak hanya dijumpai dalam film saja.

Rumah unik yang sering muncul dalam serial kartun ini ternyata benar – benar ada di dalam kehidupan nyata. Rumah tersebut dapat dijumpai di Portugal dan merupakan salah satu bangunan atau rumah terpencil di dunia saat ini.

Rumah yang memiliki sebutan Casa do Penedo atau juga sering disebut dengan House of Stone ini sebenarnya bukan sebuah rumah hunian. Ini adalah monument arsitektur. Lokasi monumen ini berada di dekat pegunungan Fafe atau bagian utara Portugal.

Bangunan rumah tersebut dibangun dari 4 batu granit yang berukuran besar. Batu granit tersebut memiliki fungsi sebagai pondasi dasar rumah, dinding, dan juga langit – langit rumah. Sebenarnya, bangunan batu ini bukan bangunan yang baru. Terbukti pembangunan rumah ini dilakukan pada 1972.

Perlu waktu selama 2 tahun untuk membangun rumah ini. Rumah dengan material batu tersebut awalnya digunakan oleh sang pemilik sebagai tempat bersantai saat menghabiskan waktu liburan. Namun saat ini bangunan tersebut tidak lagi sebatas menjadi tempat bersantai tetapi telah berubah fungsi menjadi sebuah museum kecil.

Di dalam museum tersebut terdapat peninggalan serta foto – foto sejarah. Walaupun didominasi oleh batu, namun pintu di rumah ini tidak menggunakan batu melainkan menggunakan material baja. Lebih menariknya lagi, jendela pada rumah ini dibuat anti peluru.

Hal ini dilakukan demi alasan keamanan. Walaupun sangat kokoh dan anti peluru, ternyata di dalam rumah ini belum ada listrik yang mengalir. Jadi masih benar – benar alami. Yang menarik, meskipun di dalamnya tidak ada listrik, namun di dalamnya sudah dilengkapi dengan perapian dan kolam renang.

Selain memiliki bentuk yang unik dan tak lazim, posisi pembuatan rumah batu ini juga diperhatikan dengan baik oleh sang pemilik. Rumah tersebut dibuat menghadap ke lembah yang cantik sehingga akan memanjakan mata para pengunjung yang datang ke sana. Dengan desain rumah yang tidak lazim dan pemandangan alam sekitar yang menawan, rumah batu di Portugal ini merupakan contoh arsitektur yang menarik.

Arsitektur rumah yang menggunakan dominasi batuan memberikan kesan yang alami dan unik. Walaupun demikian, rumah tersebut tidak terlihat terlalu aneh saat dilihat dari luar karena sudah dilengkapi dengan beberapa jendela dan bentuk atapnya dibuat seperti rumah pada umumnya.

Rumah Batu