Rumah minimalis tipe 45 adalah rumah mungil yang didirikan di atas lahan dengan luas sekitar 8 x 15 m persegi. Desain yang paling sesuai untuk ukuran lahan ini biasanya adalah model minimalis modern. Walaupun rumah tipe ini termasuk rumah yang kecil, namun Anda tetap dapat menciptakan rumah hunian sehat ramah lingkungan yang dilengkapi dengan ventilasi yang baik, jendela besar, dan pencahayaan yang baik.

Udara segar dan cahaya matahari dapat masuk ke dalam interior rumah dengan leluasa. Memang jika kebutuhan terhadap ruang meningkat, rumah dengan tipe 45 ini dapat direnovasi menjadi rumah dua lantai atau tiga lantai dan tetap mengedepankan unsur kenyamanan sehingga rumah tetap terasa nyaman bagi para penghuninya.

Desain Interior

Di bagian depan desain rumah minimalis tipe 45 biasanya digunakan sebagai ruang tamu. Ruang tersebut dapat Anda rancang menggunakan berbagai tema desain sesuai dengan keinginan dan selera Anda entah itu tema klasik, minimalis, modern, kontemporer, dan lain sebagainya. Warna cat dan furniture ruang tamu juga disesuaikan dengan tema ruang dan selera Anda.

Area ruang tamu tersebut sebaiknya tidak terlalu luas. Pasalnya, ruang tamu yang terlalu luas juga akan memakan banyak ruang sementara Anda juga masih memerlukan ruang lain di rumah Anda. Ruang lain yang tidak boleh lupa untuk diperhatikan adalah ruang keluarga.

Tema pada ruangan ini sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan selera pemilik rumah karena di area inilah Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk berkumpul dan bercengkerama dengan anggota keluarga.

Rumah Minimalis Tipe 45

Langkah selanjutnya, Anda dapat mendesain kamar tidur. Idealnya kamar tidur pada rumah tipe ini hanya terdiri dari dua kamar tidur di mana keduanya memiliki ukuran yang sama. Untuk desain kamar, Anda dapat mengacu pada tema ruangan yang lain. Misalnya ruang tamu mengusung tema minimalis maka kamar juga dapat menggunakan tema yang sama untuk memberikan suasana yang harmonis di dalam interior rumah.

Ruang lain yang juga perlu Anda rancang adalah kamar mandi dan dapur. Anda dapat merancang dapur minimalis sebagai solusi untuk area yang terbatas. Dapur terbuka yang dipadukan dengan ruang makan akan memungkinkan Anda memiliki satu ruang yang memiliki dua fungsi sekaligus di mana dapur merangkap sebagai ruang makan.

Desain Eksterior

Pada rumah minimalis tipe 45, Anda dapat membuat taman mungil di belakang rumah. Pilihlah tanaman yang tidak terlalu rimbun dan tidak terlalu besar agar tidak memakan banyak ruang di taman Anda. Taman tersebut dapat dipercantik dengan aksesoris menarik seperti lampu taman, kursi taman, dan kolam ikan minimalis.

Di beranda depan rumah, Anda dapat menempatkan beberapa pot kecil dengan tanaman hias yang cantik. Di dekat taman Anda dapat membuat garasi atau carport.

Rumah Minimalis Tipe 45