Apakah di pikiran Anda terbesit untuk membuat sebuah studio atau ruang kerja di rumah? Jika ruangan di rumah dirasa sudah tidak dapat memenuhi kebutuhan, maka Anda dapat mencoba merenovasi attic atau loteng di rumah. Walaupun sampai saat ini masih belum banyak orang yang memanfaatkan bagian ini, bukan berarti ide cemerlang ini tidak dapat dicoba.

Selain itu desain ruangan kerja di loteng ini juga dapat terlihat unik dengan kehadiran struktur atap yang terlihat menonjol. Untuk membuatnya menarik, Anda tidak perlu repot – repot membuat desainnya terlalu rumit. Anda hanya perlu menempatkan barang – barang yang diperlukan dan tata semuanya dengan rapi maka ruangan pun akan terlihat menarik.

Jika masih bingung, beberapa pilihan desain loteng yang dimanfaatkan sebagai ruangan kerja berikut ini mungkin dapat menjadi inspirasi Anda dalam menentukan desain yang tepat. Penasaran seperti apa? Berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

Dekorasi Minimalis

Merenovasi bagian loteng untuk dijadikan sebuah ruangan mungkin saja sudah terasa sangat melelahkan. Oleh sebab itu sebaiknya jangan ditambah rumit lagi dengan penataan bagian interiornya. Anda hanya perlu mendesain ruangan kerja di bagian loteng ini dengan sederhana dan minimalis seperti dinding yang dicat dengan warna putih dan meletakkan furniture yang hanya dibutuhkan serta menggunakan dekorasi yang minimal.

Untuk membuat ruangan ini terlihat lebih manis dan segar, Anda dapat menambahkan tumbuhan hijau. Selain itu, jangan lupa untuk memadupadankan warna dinding yang putih dengan furniture yang berwarna cerah atau benda lainnya supaya ruangan tersebut tidak terlihat monoton dan membosankan.

Hadirkan Jendela

Keberadaan jendela jangan sampai dilupakan untuk ruang kerja di loteng. Pasalnya jendela di ruangan ini tidak hanya berperan sebagai sirkulasi udara tetapi juga memberikan pencahayaan tambahan. Jendela memungkinkan sinar matahari masuk ke dalam ruangan saat pagi dan siang hari sehingga ruangan akan tetap terang walaupun tanpa bantuan penerangan dari lampu.

Selain itu kehdiran jendela juga mampu membuat ruangan terlihat lebih cantik. Jendela bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi loteng. Biasanya jendela yang digunakan untuk loteng adalah jendela yang berukuran cukup besar. Jika Anda tidak ingin menggunakan jendela di loteng, maka elemen ini dapat diganti dengan skylight.

Adanya skylight dapat membuat ruangan tetap memperoleh udara dan cahaya alami dengan baik. Tetapi akan lebih baik lagi jika Anda menghadirkan keduanya sehingga saat berada di dalam ruangan ini akan terasa semakin menyenangkan dan nyaman.

Manfaatkan Dinding Sebagai Storage

Jika Anda bingung merancang dinding di ruangan ini, Anda dapat membuat ambalan atau rak di dinding. Ruang pun seketika akan terasa tidak kosong. Rak di dinding ini dapat digunakan untuk menyimpan barang atau menjadi area display. Kehadiran benda – benda di rak tersebut tentu dapat meramaikan ruang. Selain itu membuat storage di ruang kerja juga termasuk ide yang bagus karena akan menambah ruang ekstra untuk menyimpan barang sekaligus sebagai elemen dekorasi yang mempercantik ruangan.

Ruang Kerja