Jembatan Merah Putih, adalah solusi tepat untuk ber-selfie ria di tempat yang indah. Ya, lokasi indah yang satu ini kini tengah menjadi primadona di kalangan warga Ambon, Maluku. Lokasi ini bahkan sudah banyak dikunjungi setelah satu hari menjelang jembatan terpanjang di bagian Indonesia Timur diresmikan. Jembatan tersebut mulai diresmikan pada Senin sore tepatnya pada 4 April 2016 yang dilakukan oleh presiden Indonesia Joko Widodo. Selain berfungsi sebagai jembatan, lokasi ini juga dijadikan sebagai tempat wisata dengan pemandangan indah yang menarik untuk dijadikan bahan selfie oleh para pengunjungnya.

Bahkan beberapa sosok pejabat daerah seperti halnya Ibu-ibu dari kementrian PUPR, kemudian para pekerja kontruksi yang juga berseragam BUMN serta beberapa petugas TNI dan Polri pun mulai tertawa dengan riang dan mengabadikan momen berharga dengan ber-selfie ria di tempat yang indah tersebut. Tindakan selfie ini semakin menjadi setelah peresmian dilakukan oleh Jokowi pada pukul 17. 14 WIT. Peserta selfie pun semakin meningkat tinggi dari beberapa hari setelahnya. Baik itu warga yang terdiri dari kalangan muda-mudi, anak-anak hingga para orang tua pun turut menikmati pemandangan indah dari lokasi yang satu ini, dimulai dari para pekerja swasta, PNS, anak sekolah , dan bahkan banyak jurnalis yang juga mulai mengabadikan keberadaan Jembatan Merah Putih tersebut dengan menggunakan ponsel pribadinya.

Euforia ini juga dirasakan oleh para sopir yang dapat melintasi jembatan tersebut sebagai penghubung dua lokasi dengan lebih mudah. mereka bahkan mengutarakan ucapan terimakasih kepada bapak presiden Jokowi, karena selain mendirikan jembatan yang bermanfaat bagi warga lokasi yang satu ini juga dapat dinikmati sebagai tempat wisata dengan pemandangan yang indah. Ucapan serupa juga dituturkan oleh pihak Gubernur Maluku yaitu Said Assagaff. Beliau menyatakan jika peresmian dari Jembatan Merah Putih yang dilakukan oleh Jokowi, dapat menjadi sumber kebahagiaan tersendiri serta kejutan yang menyenangkan bagi masyarakat Maluku yang dipimpin olehnya.

Secara teknis, jembatan tersebut dibangun dengan ukuran panjang mencapai 1.140 meter dan terbagi menjadi tiga bagian yaitu bagian dari jembatan pendekat yang terdapat di bagian sisi dari Desa Poka dengan panjang 520 meter. Kemudian jembatan pendekat yang terdapat di sisi dari bagian Desa Galala dengan panjang 320 meter, serta jembatan utama dengan ukuran panjang 300 meter. Jembatan ini dibangun sejak tanggal 17 juli tahun 2011 lalu, dan menelan dana APBN dengan jumlah Rp 779,2 miliar. Lokasi dari jembatan yang terdapat di teluk Dalam Pulau Ambon ini juga menghubungkan Desa dari Rumah Tiga atau Poka pada kecamatan Sirimau dengan Desa Hative Kecil atau Galala dari kecamatan Teluk Ambon yang dapat dijadikan sebagai solusi wisata untuk ber-selfie ria di tempat yang indah.

Selfie