Rumah terbuka menjadi tren yang dipilih oleh banyak orang beberapa dekade belakangan ini. Tampilan terbuka di konsep ini tentu saja akan mengurangi keleluasaan pribadi dan tempat untuk menyimpan mebel. Bagilah ruangan di rumah agar membentuk zona pelarian untuk tempat pribadi dan bersantai. Untuk mendekorasi rumah dengan gaya terbuka, Anda bisa menerapkan beberapa ide pembagian ruangan agar terlihat lebih fungsional dan memberikan keleluasaan untuk beraktivitas di dalam rumah.

Mempertahankan Tingkat Pencahayaan

Membuat situasi di rumah terbuka menjadi lebih menarik dan privat tentu saja dibutuhkan cara terbaik. Salah satunya adalah bagaimana cara mempertahankan tingkat pencahayaan yang tepat di dalam rumah. Anda bisa memperkenalkan dinding dan pintu tertutup untuk rumah Anda tetapi pastikan bahwa keduanya tak membuat ruangan menjadi terlihat gelap. Ide ini menawarkan kompromi untuk memungkinkan cahaya masuk dan mempertahankan tingkat pencahayaan yang pas untuk rumah terbuka. Anda bisa membuka pintu dengan lebar dan memasang jendela di dalam ruangan.
Memanfaatkan Tingkat Lantai di Rumah

Untuk membuat rumah terbuka lebih nyaman ditinggali dengan ide berani dan kreatif, Anda bisa memanfaatkan tingkatan lantai yang ada di rumah Anda. Jika Anda mempunyai dua lantai di dalam rumah ini, Anda bisa menempatkan dapur di lantai pertama dengan dekorasi yang nyaman dan enak. Lantai bawah seharusnya digunakan sebagai tempat duduk yang lebih formal dan elegan. Sedangkan untuk lantai atas, biasanya dipergunakan sebagai tempat duduk santai dan lebih pribadi. Anda bisa memasang pagar kaca untuk menciptakan aliran cahaya yang sempurna diantara dua lantai tersebut.
Menggunakan Pemisah Ruangan

Banyak orang yang menginginkan untuk membuat rumah terbuka fungsional. Ironisnya, ada masalah yang dihadapi dengan pembagian ruangan terbuka yang terkadang membutuhkan space yang lebih lebar dan luas. Membagi sebuah ruangan luas dan besar adalah cara tepat untuk dijadikan sebagai area duduk dan bersantai. Misalnya, Anda bisa membagi ruang tamu yang luas untuk dijadikan tempat perapian ataupun ruangan televisi. Dengan ide membagi rumah terbuka tentunya akan mempertahankan daerah tertentu misalnya tempat belajar, santai, dan tidur ke dalam kelompoknya. Anda bisa membaginya dengan menggunakan pemisah atau pembatas ruangan. Pemisah ini berfungsi untuk memetakan lokasi di rumah Anda.

Pemilihan pemisah ruangan ini bisa permanen ataupun non-permanen tergantung kebutuhan. Jika Anda memilih pemisah non-permanen tentunya lebih mudah untuk dipindahkan dan direnovasi. Untuk memisahkan ruangan luas di rumah terbuka, Anda haruslah cerdas. Jangan sampai ruang tamu dicampur dengan dapur ataupun kamar tidur. Hal ini akan mengganggu privacy Anda saat di dalam rumah. Memberikan pintu geser di setiap ruang yang dipisah bisa menjadi alternatif untuk membatas kedua ruangan dan mempertahankan keleluasaan pribadi dan beraktivitas di dalam rumah. Itulah tadi beberapa hal di dalam rencana pembagian untuk rumah terbuka.

Mendekorasi Rumah Terbuka