Negara – negara di Timur Tengah telah dikenal sebagai negara yang kaya raya dan maju. Di Dubai terdapat banyak bangunan pencakar langit, hotel mewah, dan tempat hiburan yang sangat modern. Sepertinya berbagai teknologi canggih sudah dihadirkan di sana.

Selama ini Dubai selalu identik dengan bangunan pencakar langit yang termasuk bangunan tertinggi di dunia yaitu Burj Khalifa. Belum lama ini muncul kabar bahwa Dubai akan menambah lagi deretan bangunan pencakar langit di kota tersebut. Bangunan yang dimaksud tak lain adalah Observation Tower.

Bangunan ini akan didirikan di Dubai Creek Harbour. Nantinya landmark baru di Dubai ini akan menjadi saingan dari Burj Khalifa yang tingginya mencapai 828 meter. Kompetisi desain untuk pembuatan gedung pencakar langit baru di Dubai ini sudah diselenggarakan dan pemenangnya adalah seorang arsitektur asal Spanyol bernama Santiago Caltrava.

Arsitek tersebut telah berhasil mengalahkan 5 firma arsitektur lainnya dalam memperebutkan desain bergengsi ini. Diharapkan bangunan baru ini dapat menjadi ikon baru di kota ini. Sebelumnya nama Dubai telah tersohor karena memiliki Burj Khalifa yang merupakan bangunan tertinggi di dunia saat ini. Walaupun disebut – sebut akan menjadi pesaing Burj Khalifa, tetapi berapa pasti tinggi bangunan Observation Tower ini masih belum disebutkan.

Menara dan Dubai Creek Harbour tersebut dikembangkan oleh Emaar Properties dan Dubai Holding. Mereka adalah firma yang sama dengan yang bertanggung jawab terhadap pembangunan Burj Khalifa. Lantas seperti apakah nantinya desain arsitektur bangunan pencakar langit tersebut?

Untuk desain towernya, mereka akan memadukan arsitektur tradisional Islam dengan desain kontemporer yang khas dari masa kini. Menurut perwakilan dari Emaar Properties yang bernama Mohammad Ali Al Alabbar, dia mengatakan bahwa tower yang akan didirikan di Dubai Creek ini akan dijadikan sebagai monument nasional dan juga sebagai destinasi wisata serta budaya.

Selain pembangunan menara baru yang akan menjadi pesaing Burj Khalifa, kota Dubai tidak lama lagi juga akan dihiasi dengan beberapa bangunan baru lainnya yang saat ini masih dalam tahap pembangunan. Bangunan tersebut di antaranya adalah climate controlles mega resort dan underwater hotel. Dengan banyaknya bangunan baru yang canggih dan modern di Dubai, kota ini tentunya akan menjadi salah satu destinasi yang paling maju di wilayah Timur Tengah.

Selama ini Dubai telah identik dengan destinasi wisata mewah. Di sana terdapat banyak hotel mewah dan tempat wisata yang canggih. Terlepas dari itu, meskipun tinggi bangunan Observation Tower masih belum diketahui, namun bisa dipastikan bangunan ini akan dibuat dengan ketinggian hingga ratusan meter.

Jika memang demikian, Dubai nanti akan mempunyai duo pencakar langit tertinggi di dunia. Namun belum diketahui kapan pembangunan gedung pencakar langit ini akan dimulai. Dengan perpaduan arsitektur Islam dan modern, bangunan ini nanti tentu akan terlihat sangat unik dan menarik.

Observation Tower