Rumah adalah tujuan akhir dari setiap kegiatan yang Anda lakukan setiap hari. Dengan demikian rumah seharusnya menjadi tempat yang nyaman dan indah untuk Anda tuju. Ada banyak sekali hal yang bisa Anda lakukan agar rumah terasa lebih nyaman dan indah. Salah satunya adalah dengan mengatur interior rumah. Konsep-konsep interior yang ditawarkan banyak sekali jasa interior design bisa menjadi pilihan anda.

Bahkan, Anda juga bisa mengatur sendiri konsep interior yang seperti apa yang menjadi pilihan Anda. Konsep Rumah bionik adalah salah satu konsep interior yang masih baru dan menarik untuk diaplikasikan di rumah Anda. Jika Anda baru pertama kali mendengar kata bionics, berikut ini adalah penjelasannya.

Bionics bisa diartikan sebagai hal-hal yang menggunakan biologi untuk teknologi yang terbaru. Interior rumah tentu saja bisa mengambil konsep biologi dan teknologi. Interior bisa mengambil bentuk alami dari elemen-elemen alam yang Anda inginkan. Konsep rumah bionik ini meniru bentuk dari alam yang bisa digunakan di seluruh ruangan rumah.

 Konsep yang sederhananya adalah dengan menggunakan warna-warna cerah dengan permukaan mengkilap dan bercermin. Ada pola yang berulang seperti ornament alam atau sel-sel yang diaplikasikan dengan tekstur yang minimal. Anda juga bisa menempatakan built-in lampu untuk menekankan ruang-ruang tertentu. Dan Anda bisa mengulang tempat peletakkannya di seluruh bagian rumah.

Saat ini, bangunan yang dekat dengan alam memang banyak dicari dan dibuat. Dengan menggunakan desain bionics, Anda secara langsung mendekatkan diri dengan alam. Konsep-konsep dari struktur mahluk hidup digunakan sebagai dasar desain. Ada beberapa contoh gedung yang menggunakan konsep bionics ini. Contoh-contoh gedungnya adalah gedung pencakar langit milik SONY di Jepang, Opera House di Sydney, dan rumah Cypress di Shanghai.

Interior desain bionics lahir pertama kali di tahun 1920an dan menjadi populer di tahun 1970an. Sejak saat itu, bionics menjadi salah satu aliran yang ada dalam desain interior. Konsep rumah bionik ini juga sudah banyak diaplikasikan pada rumah-rumah pribadi di beberapa negara.