Di California ada sebuah rumah unik yang tidak lazim. Jika kebanyakan rumah dibuat dengan batu bata atau batu, rumah unik ini menggunakan bahan lain yang dianggap tidak mungkin dijadikan sebagai rumah. Six Oaks House adalah rumah yang dibuat oleh Modulus sebagai rumah singgah saat liburan. Keunikan dari rumah ini adalah bahan utama pembuatannya yang menggunakan kontainer yang biasa digunakan untuk pengiriman barang.

Sebenarnya desain dari rumah unik ini ingin mengkombinasikan antara fungsionalitas dengan keindahan lingkungan pepohonan atau hutan di sekitarnya. Kontainer pengiriman barang ini menjadi bahan bangunan yang bagus untuk menciptakan rumah dengan kesan modern tetapi juga tidak meninggalkan kesan pedesaan sehingga dapat menyatu dengan alam.

Rumah unik ini memiliki luas 1,200 kaki persegi  dan terbuat dari 6 kontainer. Kontainer – kontainer ini digunakan untuk ruangan seperti dapur, kamar tidur, jembatan, dan tangga serta beberapa beranda untuk menikmati keindahan lingkungan outdoor di sekitar rumah ini. Begitu masuk ke dalam rumah ini, tamu akan disambut dengan interior rumah yang didesain dengan konsep gaya modern.

Suasana terasa lebih hangat dengan lantai kayu dan memberikan kesan yang lebih natural. Jendela – jendela lebar di  Six Oaks House ini memungkinkan udara segar di lingkungan sekitar masuk lebih banyak dan cahaya alami dari sinar matahari juga dapat menerangi interior ruangan di siang hari.

properti, rumah unik, six oaks house, kontainer bekas, architecture

Ruang tamu di rumah ini juga memiliki fungsi ganda. Ruangan ini tidak hanya untuk menerima tamu tetapi juga merangkap sebagai ruang makan. Ada sofa di bawah jendela atap di dekat pintu masuk dan perapian yang dibuat di bawah tangga.

Langit – langit yang rendah dapat disamarkan dengan jendela – jendela besar dan pintu – pintu kaca besar dari lantai hingga atas. Selain itu, ruangan di rumah ini juga didukung dengan sejumlah pencahayaan yang meningkatkan kenyamanan di rumah ini.

Rumah ini semakin terlihat menarik dengan sepasang jendela kecil yang memungkinkan cahaya matahari masuk dan menyinari ruangan. Desain seperti ini mungkin memang terdengar biasa untuk sebuah rumah, namun ini menjadi luar biasa jika diterapkan pada rumah yang dibuat dengan kontainer.

Bangunan yang dibuat dari kontainer ini juga dikenal dengan sebutan cargotecture. Cargotecture itu sendiri merupakan bangunan yang terbuat dari kontainer atau cargo yang sudah tidak didaur ulang. Kontainer bekas memang cukup populer digunakan dan harganya juga cukup terjangkau.

Rumah untuk liburan dari kontainer ini merupakan salah satu contoh bagaimana desain yang unik dan pintar mampu mengubah kontainer – kontainer yang sudah tidak digunakan menjadi sebuah rumah hunian modern. Rumah dari kontainer ini terlihat luas dan lega walaupun memiliki bentuk kontainer. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mencoba desain Six Oaks House ini?

 properti, rumah unik, six oaks house, kontainer bekas, architecture

Sumber: http://www.interiorholic.com/architecture/six-oaks-house-made-of-shipping-containers/ (English)

BACA JUGA: 

DESAIN ARSITEKTUR UNTUK RUMAH ANJING

BANDARA CHATRAPATI SHIVAJI PERPADUAN ANTARA TRADISI DAN TEKNOLOGI