Polusi dalam bentuk apapun pasti tidak akan menyenangkan termasuk kebisingan yang mengusik telinga dan juga debu yang tidak bersahabat. Namun di manapun Anda tinggal, polusi tidak selalu bisa dihindari. Di dalam hal ini, Anda harus bisa mengatasi polusi yang ada agar rumah Anda tetap terasa nyaman dan tentram meskipun kebisingan dan debu beterbangan di sekitar rumah. Tanaman sebagai pagar bisa menjadi solusi.

Tanaman yang berfungsi sebagai pagar atau menjadi bagian dari pagar memang bukan ide baru. Ini adalah satu hal yang dipilih oleh beberapa pemilik rumah. Namun mungkin pemilik rumah tidak terlalu mengerti dengan fungsi tanaman yang ada dan mereka memilih hanya karena pagar rumah jadi terlihat cantik dan lebih menarik.

Ada juga beberapa pemilik rumah yang memang mengerti fungsi dari tanaman yang menjadi pagar ataupun hanya bagian dari pagar. Tanaman hijau tidak hanya terlihat cantik dan memperindah pagar namun juga bisa menjadi peredam bising dan debu yang sering membuat kesal.

Jika Anda berpikir untuk memiliki pagar dengan desain baru dan unik, maka memilih pagar yang dihiasi tanaman atau tanaman yang dijadikan pagar patut dipertimbangkan. Suara bising dan juga debu yang beterbangan bisa diredam karena harus melalui zona filter tanaman yang dijadikan pagar di depan rumah.

2.Tanaman Sebagai Pagar Redam Kebisingan dan Debu 1

Selain menjadi penyaring dari suara bising dan debu jalanan, tanaman sebagai pagar patut untuk dipilih karena mampu untuk menyuplai oksigen setiap harinya. Ya, ini adalah fungsi alami dari semua tanaman dan pastinya juga akan meyegarkan terutama saat pagi hari datang menyapa.

Lalu, Anda mungkin bertanya-tanya, tanaman apa yang bisa dijadikan pagar? Untuk hal ini, ahli lanskap Sugwardu Hagani menyatakan bahwa yang terpenting adalah penyusunan tanaman. Semua tanaman harus disusun dengan rapat untuk menghalangi masuknya debu dan meredam kebisingan di jalan raya.

Udara kotor yang mengandung debu juga kebisingan di jalanan bisa sedikit diredam dengan tanaman. Biasanya, tanman bambu seperti bambu kuning dan bambu Jepang menjadi pilihan untuk pagar. Tanaman bambu mampu disusun rapat-rapat dan juga terlihat sangat cantik di mata.

Selain bambu masih ada banyak lagi jenis tanaman yang bisa dijadikan pagar. Tanaman yang termasuk tanaman semak bisa juga digunakan. Satu pagar bisa saja memiliki konstruksi yang tidak sepenuhnya terbuat dari tanaman karena sebagian terbuat dari material bangunan yang biasa dipakai untuk pagar.

Tanaman sebagai pagar sudah cukup efektif sebagai zona filter untuk menyaring udara kotor, namun jika Anda ingin yang lebih efektif Anda disarankan untuk membangun taman vertikal. Ini adalah cara lebih efektif untuk membuat rumah lebih bersih dari udara kotor dan juga lebih tenang dari ganggguan bising. Namun cara ini juga lebih mahal.

2.Tanaman Sebagai Pagar Redam Kebisingan dan Debu 3