Satu pesan yang biasanya kerap terdengar saat merencanakan sebuah pagar rumah adalah pagar tidak hanya berfungsi sekedar sebagai pembatas lahan pribadi, tetapi harus dapat mewakili karakter dari penghuninya. Pagar dan pintu gerbang rumah memang merupakan wajah rumah yang paling depan.

Selain bisa digunakan untuk memperlihatkan identitas dari pemilik rumah, pagar juga merupakan salah satu sarana untuk membuat wajah rumah terlihat lebih cantik. Kedua hal tersebut akan tercapai bila pagar dan pintu gerbang rumah mampu menampilkan wajah yang tepat sesuai dengan keinginan dari pemilik rumah.

Memperkuat Karakter

Pesan lain mengenai pintu gerbang dan pagar adalah seharusnya muncul sebagai elemen untuk memperkuat bagaimana karakter sebuah bangunan. Menghadirkan gerbang dan pagar yang tepat wajib memperhatikan aspek gaya rumah secara menyeluruh. Konsep desain arsitektur dan gaya rumah utama tersebut dapat memudahkan Anda dalam menentukan dan memilih warna, desain, bentuk, serta jenis material yang cocok digunakan.

Pemilihan Warna

Pagar Rumah

Ada banyak pilihan warna yang bisa diterapkan untuk pagar dan pintu gerbang rumah. Dari sekian banyak pilihan warna, sebenarnya pilihan warna yang ideal untuk dipilih adalah jenis warna yang bersifat terbuka, ramah, mengundang, bersahabat, dan menarik perhatian. Tetapi perlu dihindari kesan yang terlalu menonjol atau terlalu berlebih.

Pasalnya keadaan tersebut dapat menyebabkan wajah asli dari bangunan rumah justru terkesan ‘tenggelam’. Selain itu jenis warna yang dipilih juga sebaiknya merupakan warna yang tergolong netral untuk berbaur dengan berbagai warna lainnya yang digunakan pada bangunan di sekelilingnya dan mampu menyatukan wajah bangunan utama dengan gerbang atau pagarnya.

Dalam keadaan tertentu, warna yang cukup menonjol bisa diaplikasikan pada pagar rumah. Cara ini bisa diterima jika warna tersebut dijadikan sebagai fokus perhatian atau point of interest. Tetapi pastikan bahwa warna tersebut tidak mendominasi karena hal ini dapat membuat kesan rumah menjadi kacau secara keseluruhan.

Lantas bagaimana bila warna monokrom diterapkan pada gerbang dan pagar? Pastikan warna untuk memilih warna yang sesuai dan cocok dengan selera Anda. Supaya tidak terkesan membosankan dan monoton, gunakanlah variasi gradasi warna secukupnya. Anda juga dapat memadukan dengan unsur – unsur corak dan tekstur supaya tampilannya terkesan hidup.

Desain Dan Bentuk

Kehadiran gerbang dan pagar sebaiknya juga tidak menutup wajah bangunan utama. Oleh karena itu, selain pemilihan warna, desain bentuk gerbang dan pagar juga perlu direncanakan dengan cermat. Memadukan bentuk berongga dan massif merupakan salah satu cara yang bisa ditempuh. Selain bagian rongga bisa dijadikan sebagai sarana visual untuk memperlihatkan wajah bangunan utama, hal ini juga akan memberikan kesan yang dinamis serta tidak membosankan.

Nah itulah beberapa cara untuk membuat pagar rumah terlihat menarik dan tetap menjalankan fungsi utamanya. Semoga tips di atas membantu Anda dalam mendesain pagar yang tepat dan sesuai dengan desain rumah.

Pagar Rumah