Balkon rumah bisa menjadi pilihan yang ideal untuk menghilangkan penat dan menghabiskan waktu luang. Tetapi karena beragam alasan, tak jarang balkon terbengkalai dan justru dibiarkan begitu saja. Bila hal tersebut juga terjadi hal seperti itu, sekarang mungkin adalahnya waktunya untuk membuat tampilan balkon terlihat seperti baru supaya tempat ini menjadi terasa semakin nyaman dan tak lagi diabaikan.

Ada berbagai macam cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan dan tampilan di balkon. Semua itu tergantung dari aktivitas yang akan dilakukan dan kebutuhan pemilik rumah. Jika Anda masih belum mendapatkan gambaran untuk memulainya dari mana, Anda dapat mencoba memperhatikan beberapa tips di bawah ini.

Membersihkan Balkon

Cara yang paling mudah dan murah untuk membuat Balkon rumah terasa lebih nyaman adalah dengan menjaga kebersihan tempat ini. Jika balkon saat ini akan dijadikan sebagai tempat untuk bersantai dan tentunya nanti akan lebih sering dikunjungi, Anda bisa memulai langkah pembaharuan dengan membersihkan bagian balkon.

Tak hanya dinding atau lantai di dekat balkon saja, tetapi juga furniture dan mungkin benda – benda lainnya yang diletakkan di area tersebut. Sebaiknya semua benda yang tidak dibutuhkan tadi dipondahkan supaya tidak merusak kenyamanan dan tampilan balkon.

Mengganti Furniture di Balkon

Jika sebelumnya di balkon tidak ada furniture seperti bangku atau meja, benda – benda tersebut sekarang dapat ditambahkan di area tersebut. Sementara itu jika sebelumnya Anda sudah menyediakan furniture, Anda dapat mengganti furniture tersebut untuk mengubah tampilan balkon dan membuat suasananya terasa lebih segar.

Furniture tersebut tidak perlu mahal karena benda – benda bekas yang sudah tidak terpakai juga dapat dimanfaatkan sebagai meja baru dan tempat duduk seperti drum bekas, kotak palet kayu, dll. Selain dapat menghemat anggaran, memanfaatkan barang bekas tentunya dapat menghasilkan tampilan yang lebih unik dan tak lazim. Tetapi Anda juga perlu mengeluarkan kreativitas, usaha, dan waktu yang dimiliki untuk menjadikan barang bekas tersebut layak digunakan lagi.

Desain Balkon Jadi Area yang Nyaman

Supaya area balkon menjadi terasa semakin nyaman, Anda dapat menambahkan beberapa benda yang dapat membuat tampilannya semakin nyaman seperti sofa berlengan atau tikar. Selain itu string lights atau lilin – lilin dekoratif juga dapat dimanfaatkan untuk menghiasi balkon pada waktu malam hari sehingga dapat membantu menambah pencahayaan sekaligus membuat tampilannya semakin cantik.

Agar penampilan balkon rumah lebih menarik, Anda juga dapat menambahkan hiasan dan aksesoris. Hiasan tersebut sebaiknya hanya digunakan beberapa saja. Apalagi jika area balkon di rumah Anda tidak luas atau bahkan sempit. Cukup gunakan 1 atau 2 aksesoris saja. Selain itu, supaya balkon terasa lebih asri, Anda dapat menambahkan pot – pot yang ditanami dengan berbagai tanaman favorit Anda entah itu tanaman bunga, tanaman hijau, tanaman obat, atau yang lainnya.

Balkon Rumah