Halaman samping rumah sepertinya sering kali dilupakan. Anda mungkin sedikit kesulitan bagaimana cara membuat pekarangan samping rumah bisa lebih indah dan menarik untuk dilihat. Letaknya yang dekat dengan bangunan rumah membuat halaman rumah terlihat sempit dan pengap. Untuk membuatnya lebih fungsional dan indah, inilah beberapa cara memaksimalkan halaman samping rumah.

Menghias Halaman Samping Rumah dengan Pancuran Air

Anda bisa mendekorasi halaman rumah dengan menambahkan sebuah meja makan yang membuatnya menjadi lebih fungsional. Halaman samping rumah juga bisa menjadi tempat strategis untuk menempatkan area pemandian sederhana dengan pemasangan keran. Tempat ini sangat multifungsi yang bisa digunakan untuk menyirami halaman ataupun untuk mandi anak kecil. Agar tampilan halaman samping rumah lebih segar, Anda bisa membuat air terjun atau pancuran air mini yang meluncur dari halaman belakang hingga samping rumah.

Membuat Tampilan dengan Ide Unik

Memaksimalkan halaman samping rumah ternyata bisa dilakukan dengan mendekorasi tampilannya. Anda bisa memilih satu konsep untuk menghias halaman tersebut. Jika Anda hanya mempunyai halaman samping rumah yang sempit dan lurus, Anda bisa mengkonsepnya dengan tampilan gurun. Anda bisa menanam pohon kaktus dan menambahkan pasir di halaman rumah agar menyerupai suasana di gurun pasir.

Membuat Halaman Samping Rumah Lebih Tertutup

Halaman samping rumah sebenarnya bisa dimaksimalkan dengan cara menutup bagian atasnya. Jika atapnya sudah tertutup, maka Anda bisa menggunakan halaman itu untuk berbagai kegiatan. Sebuah meja panjang dan beberapa kursi bisa ditempatkan di halaman itu. Meja dan kursi itu bisa digunakan untuk berkumpul, makan, ataupun bersantai. Selain itu, beberapa hiasan lampu bisa dipasang di langit-langit atap halaman samping.  Untuk menyegarkan suasana, Anda bisa menanam beberapa tumbuhan hijau di halaman samping rumah.

Menutup Akses Halaman Samping Rumah

Memberikan pagar kayu tinggi bisa dilakukan untuk menutup area halaman samping rumah. Hal ini dimaksudkan agar tak ada orang yang bisa masuk ke halaman dengan leluasa. Dengan konsep ini, maka Anda bisa menempatkan barang-barang ataupun menanam pepohonan di samping rumah. Jika Anda tak suka dengan cara ini, Anda bisa membuat halaman samping rumah lebih informal dan santai. Buatlah zona transisi jika rumah Anda terletak di tepi hutan atau perkebunan. Biarkan halaman samping rumah dibuat jalan indah dan alami dengan tanaman asli dari sekeliling hutan.

Membuat Tempat Bersantai Terbuka di Halaman Samping

Untuk memaksimalkan halaman samping rumah, Anda bisa membuatnya lebih multifungsional dengan membuat tempat bersantai terbuka. Jika Anda mempunyai halaman rumah yang lebih terbuka, Anda bisa menikmati suasana asri dan alami dari halaman dan pepohonan yang tubuh. Satu set kursi tamu kayu atau sofa bisa diletakkan di samping rumah untuk menghabiskan waktu luang dan bersantai. Buatlah atap tumbuhan dibagian atas sofa itu.

2. 5 Cara Memaksimalkan Halaman Samping Rumah dengan Indah 2