Memiliki lahan yang sempit atau terbatas memang menjadi masalah utama dalam pembuatan rumah. Hal inilah yang seringkali membuat masyarakat Indonesia lebih memilih furniture yang simple namun  tetap kompak, seperti halnya beberapa furniture yang diterapkan dalam gaya interior hemat ala skandinavia. Memiliki bentuk yang simple serta garis bersih adalah ciri utama yang dimilikinya. Namun meskipun mengutamakan aspek fungsi, gaya yang satu ini tetap tidak melupakan bentuk estetika yang dihadirkan olehnya. Gaya simple inilah yang pada akhirnya banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Berikut ini adalah beberapa bagian dari gaya interior khas skandinavia yang dapat Anda ikuti :

Lemari dengan desain menyatu

Bentuk lemari yang menyatu ini dapat Anda terapkan dalam penggunaan ruang keluarga yang dilengkapi dengan bagian  kursi di bawahnya. Dengan kata lain di atas bagian kursi terdapat built-in storage yang berperan sebagai lemari, dan memiliki manfaat untuk menyimpan berbagai macam bentuk barang kebutuhan keluarga. Penggunaan lemari dalam bentuk built-in storage yang dibuat menyatu dengan bagian kursi ini faktanya dapat menghemat tempat yang Anda miliki, sehingga area dari ruang keluarga pun jauh lebih lapang serta leluasa. Hal ini juga dapat diterapkan dalam desain bagian dapur yang menyatu dengan ruang makan, sehingga proses makan bersama pun dapat lebih santai dan menyenangkan.

Satu bentuk kamar untuk tiga penghuni sekaligus

Rasanya sudah menjadi hal yang biasa apabila di dalam kamar anak terdapat berbagai macam bentuk mainan yang tersebar di mana saja. Hal ini tentunya dapat membuat ruang kamar yang kecil menjadi lebih sempit. Untuk menghindari hal tersebut Anda dapat menerapkan beberapa bentuk lemari penyimpanan di dalamnya. Sedangkan bagian tempat tidur itu sendiri dapat dibuat dengan desain built-in bed, sehingga satu tempat tidur pun dapat diubah menjadi dua bagian yang juga dapat digunakan oleh anak Anda yang mungkin tidak hanya terdiri dari satu orang saja. Namun dalam desain yang satu ini ada satu hal yang patut untuk dipertimbangkan, yaitu bentuk sudut di beberapa desain dari interior hemat ala skandinavia yang memang harus lebih dijaga. Hal ini berkaitan dengan tingkat keamanan sebagai lokasi bermain anak.

Tips desain

Dalam membuat desain dengan gaya interior skandinavia ini ada beberapa tips yang diantaranya dapat Anda terapkan sehingga gaya yang dihasilkan pun jauh lebih maksimal. Seperti halnya dalam penggunaan warna yang sebaiknya dilakukan dalam bentuk warna yang senada. Hal ini tentunya berguna untuk menjaga harmonisasi dari lingkungan rumah tersebut. Selain itu, penggunaan furniture built-in memang lebih sering digunakan, hal ini berkaitan dengan tingkat keefektifan dari satu ruangan yang satu dengan ruang lainnya, sehingga bagian lahan yang semula sempit pun dapat terasa jauh lebih luas dari sebelumnya.

Namun dalam penggunaan interior yang satu ini tidak jarang bagian dinding, ceiling serta lantai yang memiliki kondisi kurang presisi atau bahkan dinyatakan cacat. Karena itulah untuk mengatasinya maka bentuk dari furniture lah yang harus lebih disesuaikan dengan desain interior hemat ala skandinavia tersebut.

Hemat Ala Skandinavia