Lampu duduk dengan bentuk yang seperti itu – itu saja tentunya sudah biasa dan cukup membosankan untuk menjadi elemen dekorasi di dalam interior rumah. Untuk menciptakan sebuah lampu yang terlihat spektakuler, setidaknya Anda perlu sedikit berkreasi dan melakukan inovasi. Dengan semangat DIY alias Do It Yourself, bukan tidak mungkin bagi Anda untuk mengubah bentuk lampu yang mainstream atau biasa – biasa menjadi sesuatu yang lebih indah sekaligus terlihat memukau.

Lantas bagaimana caranya? Berikut ini adalah langkah – langkah membuat ulang sebuah lampu sesuai dengan kreativitas Anda sendiri seperti dilansir dari laman instructables.

Siapkan Alat

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan sebelum mulai mengubah bentuk lampu duduk tersebut adalah menyiapkan alat – alat yang dibutuhkan. Ada sejumlah alat yang wajib untuk disiapkan antara lain adalah henger besi bekas yang sudah tak terpakai, tang, solder listrik, dan juga beberapa lampu yang hendak didaur ulang.

Menguraikan Lampu

Ketika semua alat yang dibutuhkan sudah siap, hal yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah mengurai lampu. Urai lampu tersebut dengan cara memisahkan lampu menjadi dua bagian yakni bagian cangkang dan bagian dudukan. Lakukan langkah ini sampai mendapatkan 6 buah lampu yang terpisah.

Lubangi Dudukan Lampu

Langkah berikutnya adalah melubangi bagian dudukan lampu yang telah dipisahkan dengan bantuan solder listrik. Buat empat lubang di bagian dudukan. Cara ini dilakukan supaya Anda dapat menghubungkan lampu dengan kabel listrik. Pemakaian solder listrik untuk melubangi bagian plasti jauh lebih mudah dan efektif dibandingkan menggunakan bor.

Hubungan Kabel Listrik

Ketika semua dudukan lampu sudah diberi lubang, langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah menghubungkan kabel listrik. Anda dapat menggunakan partisi warna supaya kabel tidak saling tercampur atau tertukar. Selanjutnya, kaitkan beberapa lampu jadi satu bagian. Pastikan bahwa semua lampu terhubung dengan erat menjadi sebuah struktur yang kuat.

Pastikan untuk memeriksa kabel listrik sekali lagi. Kemudian masukkan gantungan supaya lampu tersebut nantinya dapat digantungkan di bagian langit – langit rumah. Selanjutnya hubungkan kabel ke sumber listrik dan lampu duduk menawan hasil kreasi Anda sendiri pun sudah dapat dinikmati.

Demikian langkah – langkah untuk membuat lampu biasa menjadi lampu yang luar biasa. Lampu tersebut dapat dijadikan sebagai elemen dekorasi yang unik sekaligus fungsional karena dapat membantu menambah sumber pencahayaan di dalam ruangan.

Lampu tersebut dapat diletakkan di atas meja atau bahkan digantungkan di langit – langit. Selain itu desainnya yang unik juga membuatnya cocok ditempatkan di ruangan manapun baik itu ruang tamu, ruang keluarga atau bahkan kamar tidur sekalipun.

Dengan cara tersebut, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk mendapatkan lampu hias unik dan anti mainstream. Pasalnya Anda dapat membuat sendiri di rumah menggunakan lampu – lampu yang sudah ada. Selamat mencoba ya!

Lampu Duduk