Harga tanah yang semakin tinggi dan ketersediaan lahan yang kian sempit, memaksa beberapa desain rumah hunian di kawasan perkotaan lebih memilih memanfaatkan lahan yang tersedia sebagai tempat parkir mobil dibandingkan dibuat menjadi pekarangan atau taman di depan rumah. Alasan tersebut kemudian mendorong orang – orang untuk melakukan inovasi baru dengan menghadirkan ruang terbuka yang tidak selalu ditempatkan di bagian depan rumah.

Seperti dilansir dari laman Instructables, sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan desain ruang terbuka yang tidak harus berada di depan rumah. Alternatif yang didapat salah satunya adalah dengan memanfaatkan lahan di bagian atas rumah, atau lebih tepatnya bagian atap rumah. Jadi taman tersebut dibuat dengan memanfaatkan area atap.

Untuk menciptakan taman atap tersebut, sebenarnya tidak dibutuhkan perlengkapan yang rumit. Bahkan perlengkapan yang dibutuhkan relative sederhana. Perlengkapan – perlengkapan yang perlu disiapkan tersebut di antaranya adalah kotak tanaman yang dirancang khusus, kayu keras tahan cuaca yang diharapkan dapat bertahan sampai 30 tahun, bambu, rumput hias Jepang, dan beberapa tanaman bonsai yang cantik.

Taman Atap

Setelah perlengkapan – perlengkapan tersebut tersedia, hal pertama yang perlu dilakukan adalah memasang dek dengan menggunakan sistem alas. Sistem dek ini memungkinkan air dapat mengalir melewati saluran pembuangan. Supaya sistem saluran pembuangan dapat berjalan dengan lancar, maka dek tersebut perlu diberi ruang di bagian sisinya sekitar 3 cm.

Jalur pembuangan air ini dapat dihubungkan dengan lubang drainase yang menuju ke bawah langsung. Hal lainnya yang tidak kalah penting untuk diperhatikan pada saat membuat taman atap di rumah adalah memasangkan lapisan kain di bagian bawah pot. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan supaya pada saat tanaman disiram, tanah di pot tidak ikut keluar terbawa air dan mengotori dek atau bagian rumah lainnya.

Jika semua sudah siap, maka tahap berikutnya adalah menanam tanaman di pot yang telah disediakan. Pohon bonsai dengan bentuk yang unik dan rumput jepang yang halus adalah beberapa pilihan tanaman yang dapat digunakan untuk menghias taman di atap.

Ketika semuanya sudah selesai, Anda dapat memberikan pencahayaan yang cukup bagi tanaman supaya tanaman tersebut tetap kelihatan cantik pada saat malam hari. Pencahayaan yang digunakan dapat menggunakan lampu taman yang mungil dan cantik untuk membuat taman atap tersebut terlihat lebih menarik. Dengan pencahayaan tersebut, Anda tidak hanya dapat menikmati keindahannya saat siang hari saja tetapi juga saat malam hari.

Sekarang Anda pun dapat menikmati keindahan taman tanpa harus merasa kebingungan dengan lahan yang tersedia. Selain itu, lahan rumah yang terbatas pun kini bukan lagi menjadi alasan untuk tidak membuat taman yang asri dan indah di rumah Anda.

Taman Atap