Memiliki desain rumah minimalis bukan berarti Anda tidak bisa menambahkan apapun. Memang, kecil kemungkinan untuk menambahkan bangunan atau memperluasnya. Pilihan yang bisa Anda lakukan jika Anda ingin memperluas bangunan rumah minimalis tersebut adalah dengan menambahkan lantai. Kini, tidak sedikit desain rumah minimalis yang dibuat dengan dua lantai.

Selayaknya tujuan dari desain minimalis, rumah minimalis dua lantai tersebut harus memiliki fungsi yang jelas. Contohnya, Anda harus menempati desain rumah minimalis 2 lantai karena memiliki keluarga yang besar. Lantai yang kedua, bisa Anda gunakan untuk kamar tidur anak, ruang kerja pribadi, atau perpustakaan.

Umumnya, rumah minimalis seperti ini dikatakan sebagai rumah minimalis modern. Selain menggunakan 2 lantai, rumah minimalis ini juga lebih banyak menggunakan barang-barang yang serba modern. Contohnya, rumah tersebut menggunakan beberapa barang elektronik seperti lemari es, DVD, televisi layar datar, dan lain sebagainya. Tetap seperti tujuan dibangunnya rumah minimalis, barang-barang tersebut harus memiliki fungsi yang jelas dan bukan hanya sebagai pajangan yang justru memberikan kesan sesak.

Selain itu, biasanya rumah minimalis modern memiliki ruang tambahan seperti ruang keluarga, ruang baca atau ruang kerja. Karena itulah rumah modern seperti ini sering dibangun dengan 2 lantai. Barang yang ditempatkan harus memiliki fungsi bukan berarti Anda tidak boleh menempatkan hiasan apapun pada rumah minimalis modern milik Anda. Untuk membuat rumah minimalis Anda lebih menarik, Anda bisa memberikan beberapa hiasan. Jika rumah sudah sesuai dan tanpak nyaman, Anda bisa menggunakan dinding sebagai media untuk menambahkan hiasan.

Tambahkan beberapa lukisan bertema alam atau kaligrafi atau tema apapun yang Anda sukai. Jika ukuran lukisan tersebut kecil maka gunakan 2 hingga 4 lukisan. Namun, jika ukuran lukisan tersebut besar maka cukup gunakan 1 buah saja dan tempatkan pada area yang sesuai. Kalaupun tidak suka lukisan, gunakan bagian atas lemari atau rak sebagai media untuk menempatkan beberapa aksesoris untuk membuat rumah Anda tampak lebih indah.

Contohnya, tempatkan foto-foto keluarga di atas lemari atau rak tersebut. Hiasan koleksi Anda juga bisa ditempatkan di sana. Kalaupun ingin yang lebih sederhana, tempatkan vas bunga berbahan kaca bening dan berikan rangkaian bunga segar warna-warni. Walaupun nampak sederhana, Anda tetap bisa membuat rumah minimalis modern Anda tampak lebih menawan dan nyaman. Jangan lupa pula untuk memberikan ruang terbuka.

Contohnya, berikan kaca bening dengan ukuran sedang baik sebagai pembatas ataupun jendela. Dengan begitu, aliran udara akan lebih lancar. Cahaya di dalam rumah pun menjadi lebih baik. Cara ini akan membuat rumah Anda terkesan lebih segar, indah, bersih, dan nyaman. Sekarang, cobalah menerapkan trik-trik di atas untuk rumah minimalis modern milik Anda sendiri. Memiliki rumah minimalis bukan berarti Anda tidak bisa berkreasi, bukan?

Rumah Minimalis Modern