Sebuah rumah pada umumnya membutuhkan lubang pembuangan kotoran atau yang sering disebut dengan septic tank. Kehadiran lubang tersebut sangat penting dalam ilmu Fengshui. Oleh sebab itu tata letaknya harus disesuaikan supaya tidak mendatangkan hal yang buruk untuk penghuninya.

Menurut perhitungan fengshui yang disampaikan oleh Sidhi Wiguna Teh, untuk meletakkan septic tank pada sebuah rumah harus dilakukan perhitungan lebih dulu terhadap penghuni, khususnya kepala keluarga. Perhitungan ini dilakukan berdasarkan tanggal lahir. Lubang tersebut harus berada di posisi negatif rumah.

Sebagai contoh, kepala keluarga mempunyai perhitungan tanggal lahir atau kua 8 yang masuk dalam kelompok Barat, maka Septic Tank sebaiknya berada di bagian Timur atau Tenggara yang merupakan sisi negatif. Beberapa perumahan yang dibuat belakang ini menyediakan lubang pembuangan di halaman rumah.

Bagi beberapa konsumen, hal ini dipandang jelek. Namun dari sudut pandang ilmu Fengshui, hal ini belum tentu buruk. Walaupun letaknya berada di depan rumah, namun mungkin saja posisi septic tank tersebut berada di kotak negatif.

Sebagai contoh, menurut kua kepala keluarga termasuk dalam kelompok barat sedangkan rumah menghadap ke timur laut. Kotak negatif rumah terletak di utara dan timur. Jadi bila septic tank ada di sana, maka tidak masalah.

Ilmu Fengshui

Tidak hanya itu saja, jarak septic tank dengan sumur juga wajib untuk diperhatikan supaya tidak terjadi pencemaran sumur karena septic tank. Namun bila kita lihat akhir – akhir ini, sumur yang banyak dipakai adalah sumur pompa. Sumur tersebut dibuat dengan cara menanam pipa ke dalam tanah sehingga jarak sumur dengan lubang pembuangan tidak perlu terlalu jauh.

Ini karena kedalaman tanah dapat menjadi saringan yang sangat bagus. Sedangkan teknologi septic tank saat ini juga sudah bagus sehingga peluang terjadinya kebocoran sangat sedikit.

Permasalahan akan terjadi jika posisi septic tank berada di lokasi yang bagus untuk penghuni rumah. Maka solusinya adalah dengan memindahkan septic tank dari lokasi yang positif tersebut ke lokasi yang negatif supaya kehidupan para penghuni rumah tidak berantakan.

Dalam setiap rumah, ada 4 kotak positif dan 4 kotak negatif. Kotak yang positif kelompok barat adalah barat laut, barat, barat daya, dan timur laut. Jadi selain 4 kotak itu merupakan kotak negatif. Sedangkan kotak positif untuk kelompok timur adalah timur, tenggara, selatan, dan utara, sisanya merupakan kotak negatif.

Bila septic tank ada di kotak Sheng chi, sektor finansial dapat terganggu. Bila di kotak tienyi, maka urusan kesehatan dapat terkena masalah. Sedangkan jika berada di kotak yiennien, kehamornisan keluarga dapat terganggu.

Dari pengalaman sebagai konsultan ilmu Fengshui, Sidhi mengatakan bahwa ada sebuah kasus yang pernah dihadapi oleh seorang teman di mana septic tank berada di kotak paling bagus yaitu Sheng ci. Hal tersebut berdampak buruk pada masalah finansialnya.

Ia pun kemudian mengubah posisi septic tank. Setelah masalahnya usai, finansialnya membaik dan bahkan dapat membeli rumah baru.

Ilmu Fengshui