Bila diamati dari fungsinya, ilmu Feng Shui dibagi menjadi tiga. Yang pertama adalah untuk menciptakan ruang yang memiliki energi chi terbaik. Kemudian, untuk mengoreksi Feng Shui yang kurang baik. Ketiga adalah untuk membuat prediksi berdasar gejala yang terlihat. Lalu apa perbedaan dari ketiganya?

Bila Anda berencana untuk membangun sebuah rumah maupun tempat kerja seperti pabrik, toko, atau kantor, maka Anda termasuk dalam kategori pertama pada fungsi Feng Shui. Koreksi untuk Feng Shui yang buruk digunakan jika Anda tahu ada yang buruk pada Feng Shui Anda.

Terdapat beberapa gejala yang kurang menguntungan dalam keberuntungan Anda misalnya usaha menurun, sakit – sakitan, sulit jodoh, sulit memperoleh keturunan, dan gejala lainnya namun Anda tak ingin merenovasi rumah tinggal maupun tempat kerja, maka diperlukan koreksi Feng Shui. Koreksi Feng Shui dapat dilakukan dengan memberikan satu elemen seperti dekorasi ruang yang dapat menetralkan pengaruh buruk. Di sini, Anda masuk dalam peran ilmu Feng Shui yang kedua yakni menambah sebuah unsur dekor di dalam atau luar ruang untuk mengoreksi Feng Shui yang kurang tepat.

Istilah yang sering digunakan adalah memasang cisoak untuk memperoleh Feng Shui yang bagus. Cukup banyak masyarakat menjadi pelanggan Feng Shui yang termasuk dalam kategori yang satu ini. Jadi tidak heran jika ada beberapa pakar Feng Shui yang menjual benda – benda dekoratif dengan harapan jika dipasang di ruangan dapat mengusir pengaruh buruk.

Ilmu Feng Shui

Biasanya benda – benda tersebut berupa benda picisan murah dan dapat dengan mudah ditemukan di kawasan pecinan. Namun ada pula yang berkualitas bagus, dibuat dari bahan pilihan dengan harga yang mahal untuk segmen pasar yang membutuhkan.

Lantas apakah berbagai benda yang dibeli oleh konsumen ini memberikan hasil? Sayangnya, tidak ada laporan mengenai hal tersebut. Beberapa klien mengaku sudah membeli benda – benda itu dan memasangnya di sejumlah sudut ruang menjadi elemen dekorasi ruang yang terlihat menarik. Mereka senang berbelanja karena ada saja benda Feng Shui baru yang muncul setiap tahunnya dan menarik perhatian para peminatnya.

Golongan yang ketiga merupakan yang lebih membutuhkan jasa pakar Feng Shui untuk meramalkan tentang diri mereka, tempat tinggal, maupun tempat kerja. Teknik tersebut hanya dimiliki oleh para pakar Feng Shui yang telah berpengalaman selama puluhan tahun. Pasalnya mereka sudah biasa membaca beragam fenomena visual ataupun non visual dari kliennya dan dapat meramalkan apa yang mungkin terjadi dengan kliennya.

Tak jarang ahli ilmu Feng Shui menyarankan penggunaan sejumlah benda Feng Shui yang sengaja dipasang di sudut – sudut tertentu rumah sebagai upaya pencegahan terhadap kejadian buruk yang diprediksi akan terjadi pada kliennya. Atau bisa juga pakar Feng Shui tersebut menyarankan tindakan atau sesuatu hal pada kliennya dengan harapan supaya mereka dapat meraih keuntungan lebih besar.

Beberapa unsur dekoratif yang sering digunakan di ruangan adalah lonceng angin, Pi Xiu, kodok berkaki tiga, dan pohon buah peach. Pohon peach bermanfaat untuk melipatgandakan rezeki dan biasanya dipasang di bagian depan rumah. Sementara itu lonceng angin berkaki 6 dari bahan logam sangat bermanfaat untuk menghalau energi negatif yang mengganggu kesehatan. Lonceng angin dapat dipasang pada sektor yang memperoleh energi buruk.

Ilmu Feng Shui