Kebanyakan orang menilai kalau ilmu feng shui hanya bisa diterapkan untuk mencapai kemakmuran dan yang berhubungan dengan duniawi saja. Padahal feng shui bisa digunakan dalam meningkatkan kehidupan spiritual atau religi seseorang. Terdapat sektor tertentu di bagian dalam rumah yang kalau dimanfaatkan dengan tepat, maka bisa meningkatkan kehidupan spiritual seseorang. Bagaimana aturan feng shui untuk ruang ibadah?

Saat ini tren menyediakan ruangan ibadah di dalam rumah semakin diminati masyarakat. Sebagai contoh umat Muslim akan membuat mushola kecil di dalam rumahnya. Sedangkan untuk agama lainnya biasanya membuat ruang doa. Sehingga aktivitas spiritual bisa berjalan dengan lancar dan nyaman.

Dua metode feng shui bisa diterapkan untuk membangun ruang ibadah. Yang pertama bisa menerapkan metode eight mansions, cara ini sangat mengutamakan pola manusia. Sedangkan metode yang kedua adalah flying star yang sangat konsen pada pola bangunan.

Penerapan cara eight mansions akan menerapkan patokan pada kepala keluarga. Berdasarkan feng shui ruangan ibadah yang baik berada di sektor Tian Yi berpatokan pada kepala keluarga. Sektor ini bisa mendatangkan efek positif bagi seluruh penghuni rumah semakin lebih religius. Untuk mendatangkan efek yang lebih sehat dan lebih mendapatkan dukungan dari atasan, teman dan lingkungan.

Metode eight mansions

Berdasarkan feng shui untuk ruang ibadah ini guna memperoleh angka trigram untuk kaum pria, bisa menjumlahkan 2 digit terakhir tergantung dari tahun kelahiran. Selanjutnya bisa menggunakan angka 10 guna mengurangi hasil dari penjumlahan itu. Sebagai contoh Anda terlahir pada tahun 1985, perhitungannya adalah 8+5=13, lalu 1+3=4.

Selanjutnya pakailah angka 10 guna mengurangi angka 4 itu. Kemudian hasil akhir itu angka 6, hal ini sebagai arti kalau angka 6 adalah trigram-nya. Bagi wanita juga memakai 2 digit terakhir terkandung pada tahun kelahiran. Tapi hasilnya kemudian ditambahkan dengan angka 5.

Sebagai contoh Anda terlahir pada tahun 1987, maka 8+7=15, lalu 1+5=6. Pakailah angka 5 guna ditambahkan dengan angka 6. Dengan  begitu mendapatkan hasil 11. Kedua angka tersebut ditambahkan lagi guna memperoleh satu digit sebagai hasil final. Yakni 1+1, sehingga terdapat hasil trigam yaitu angka 2.

Metode Flying Star

Sesudah memperoleh posisi sesuai dengan cara eight mansions, kemudian sangat penting memperhatikan Metode Flying Star. Metode ini diterapkan sesuai dengan arah hadap dari bangunan. Pada penerapan metode itu, tata letak ruangan ibadah lebih baik memperoleh komposisi chi yang baik. Seperti komposisi 6,1, 1,6 atau 8,8, kemudian harus menghindari ruangan berkomposisi chi jelek, seperti 5,2 atau 2,5.

Untuk posisi chi yang jelek sangat penting untuk memperhatikan dari arah hadap rumah tersebut. Sehingga bisa mengurangi efek negatif dari penerapan tata letak ruangan ibadah yang keliru. Untuk memaksimalkan feng shui untuk ruang ibadah, sangat tepat kalau berkonsultasi sebelumnya dengan pakar feng shui terpercaya.

Silahkan juga memilihi hinian impian Anda di www.popeti.com dan masukan listing secara gratis di sini.

Feng Shui Untuk Ruang Ibadah