Membangun rumah memang sangat menyenangkan. Anda bisa menentukan bentuk atau desain apapun agar rumah tersebut menjadi rumah impian Anda. Namun, Anda beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membangun rumah.

Beberapa hal tersebut penting untuk diperhatikan agar rumah Anda lebih nyaman. Contohnya, salah satu elemen penting yang perlu diperhatikan saat membangun rumah adalah posisi pintu. Ada baiknya untuk menempatkan pintu pada posisi yang tepat.

Beberapa dari Anda suka meletakkan pintu depan dan pintu belakang dalam satu garis lurus. Hal ini sebaiknya tidak dilakukan. Menurut fengshui, posisi pintu depan dan pintu belakang yang segaris justru akan mengalirkan energi terlalu cepat.

Energi baik tidak akan terserap karena hanya akan melintas seperti air yang mengalir deras. Jika sedikit energi baik yang terserap tentu rumah Anda menjadi tidak terlalu nyaman. Masih terkait dengan pintu, saat membangu rumah Anda juga harus memperhatikan hal-hal yang terkait dengan pintu depan.

Contohnya, jangan membangun tangga menghadap pintu depan. Pasalnya, pintu depan juga dipercaya mendukung proses penyerapan energi baik pada rumah Anda. Jika terdapat tangga, energi baik tersebut justru akan mengarah ke atas mengikuti aliran tangga.

Akhirnya, ruang utama yang seharusnya dipenuhi oleh energi baik menjadi tidak nyaman karena energi tersebut terhalang oleh tangga. Selain itu, jangan pula membangun kamar mandi yang menghadap ke arah pintu depan.

Kembali soal penyerapan energi, kamar mandi yang menghadap pintu depan akan menyerap energi yang masuk. Padahal, energi tersebut justru harusnya terserap di ruang utama. Jika sudah begitu, akan sangat wajar jika rumah menjadi terasa tidak nyaman.

Peletakan tangga sepertinya harus menjadi pertimbangan saat akan membangu rumah. Pasalnya, menurut ilmu fengshui, Anda tidak diperbolehkan membangun tangga di tengah rumah. Larangan ini berlaku untuk desain, bahan atau warna apapun.

Tangga yang letaknya di tengah rumah justru akan menghalangi energi baik yang akan terserap di beberapa ruang penting seperti ruang utama. Mungkin, Anda ingin memiliki kamar mandi lebih dari satu. Selain tidak dianjurkan untuk membangun menghadap pintu depan,

Anda juga tidak boleh membangunnya di tengah rumah. Posisi kamar mandi di tengah rumah dinilai tidak baik untuk penyerapan energi. Selain itu, estetika rumah juga akan terganggu jika kamar mandi ditempatkan di tengah rumah.

Bagaimana jika Anda ingin membangu kamar tambahan? Hal tersebut sah-sah saja namun ada baiknya tidak membangunnya di atas garasi, jika Anda memiliki garasi. Ini pun bukan tanpa alasan. Menurut feng shui, garasi adalah tempat di mana energi tidak stabil karena menjadi tempat keluar masukknya mobil atau kendaraan. Karena arus energi yang tidak stabil, maka kualitas tidur Anda juga tidak akan stabil jika Anda membangun kamar di atasnya.