Tren warna ombre belakangan ini sepertinya semakin banyak digemari. Hal ini dapat dilihat dari kian banyaknya remaja putri yang mencoba bereksperimen dengan mengaplikasikan warna ombre untuk membuat rambutnya terlihat lebih menarik. Memang, gaya rambut ombre ini sangat cocok untuk berbagai macam model dan ukuran rambut baik rambut pendek maupun panjang.

Dengan cara pandang baru ini, tren warna ombre ternyata juga dapat diterapkan untuk desain ruangan di rumah Anda. Sebelum membahas lebih jauh, apakah sebenarnya warna ombre itu? Warna ombre merupakan perpaduan atau gradasi warna dari warna paling terang ke warna gelap atau sebaliknya tetapi tetap hanya menggunakan satu jenis warna saja misalnya merah, kuning, biru, hijau, dan masih banyak lagi.

Selain itu warna ombre juga sering disebut dengan warna gradasi. Pemakaian warna ombre tak hanya dapat memberikan perhatian di ruangan rumah Anda tetapi efeknya juga akan membuat ruangan terlihat lebih cantik dan bercahaya. Berminat untuk menggunakan trend warna yang satu ini untuk mempercantik rumah?

Jika ya, langsung langsung mengeksekusinya. Pasalnya ada beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum menerapkan teknik warna ombre tersebut di rumah Anda agar dapat memberikan hasil yang maksimal. Berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

Rencanakan Lebih Dulu

Sama halnya seperti saat mempunyai ide desain rumah yang baru, untuk menerapkan warna ombre juga dibutuhkan perencanaan khusus dan matang. Perhatikan secara saksama, bagian manakah yang ingin diberi sentuhan warna ombre. Selain itu tentukan warna apa yang paling cocok dengan desain rumah hunian Anda.

Memilih Warna yang Mirip

Anda akan salah ketika mengusung konsep ombre bila menggunakan warna biru tua kemudian memudar ke warna merah. Konsep ini sama sekali bukan ombre. Seperti yang telah disebutkan di atas, konsep warna ini adalah menerapkan satu jenis warna yang bergradasi atau memudar dari warna gelap ke warna terang saja.

Sebagai contoh, gradasi dari warna biru tua ke warna biru muda dapat memberikan tampilan yang menarik untuk kamar mandi. Atau contoh lainnya gradasi warna coklat tua ke warna coklat tua untuk ruang tidur yang nyaman.

Memudar Dari Bawah ke Atas atau Atas ke Bawah

Jangan sampai saat menerapkan teknik warna ombre di dinding, warna tersebut dibuat memudar di tengah. Hal ini tentu kurang tepat. Bila Anda membuat warnanya memudar di tengah, cara ini akan memberikan kesan bahwa ruangan terlihat seperti menyusut atau mengecil. Selain itu, teknik ombre memudar di tengah juga akan menghasilkan tampilan yang terlihat norak dan kurang menarik. Sebenarnya teknik ombre yang memudar bertahap ini bermaksud untuk menciptakan gradasi warna yang terkesan lembut.

Nah itulah beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan teknik warna ombre untuk mempercantik ruangan. Warna tersebut sebaiknya hanya diterapkan di salah satu sisi dinding ruangan atau elemen interior lainnya sehingga dapat menjadi aksen yang menarik.

Teknik Warna Ombre