Apakah Anda menginginkan udara segar dari luar dapat masuk ke dalam ruanga keluarga di rumah tanpa harus mengganggu privasi? Jika ya, skylight mungkin dapat menjadi solusi yang tepat. Saat mendambakan desain ruang keluarga yang memungkinkan cahaya alami masuk ke dalam rumah, setiap orang biasanya akan membuat desain yang dilengkapi dengan banyak bukaan seperti jendala.

Bahkan tidak jarang bukaan tersebut dapat menggantikan posisi salah satu sisi dinding yang ada di ruang keluarga Anda. Selain itu kadang – kadang ada juga bukaan yang dibuat hampir memenuhi ruangan. Dengan cara tersebut ruang keluarga memang akan mendapatkan banyak cahaya alami saat siang hari dan dapat menhemat pemakaian listrik.

Tetapi sebagian orang tidak berani untuk memberikan bukaan yang massif pada ruang keluarga karena alasan privasi. Oleh sebab itu untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan skylight di ruangan tersebut. Skylight itu sendiri adalah bukaan atau jendela yang ditempatkan pada bagian atap rumah. Sebenarnya fungsi skylight ini hampir sama dengan bukaan pada umumnya yakni menjadi jalan supaya sinar matahari dapat masuk ke dalam rumah.

Skylight tersebut dapat dibuka tutup untuk memberikan fungsi sebagai ventilasi udara atau dipasang secara mati. Jika Anda ingin menjadikannya sebagai ventilasi, maka pastikan bahwa skylight tersebut tertutup dengan sempurna supaya air hujan tidak dapat masuk ke dalam rumah Anda.

Bila desain ruang keluarga sudah dilengkapi dengan jendela, maka sebaiknya ukuran skylight dibuat tidak lebihd dari 5 persen ukuran ruang supaya ruang tidak terkesan terlalu terang. Jika berlebihan cahaya matahari yang masuk ke dalam ruangan juga akan berlebihan dan justru membuat ruangan terasa lebih panas. Tetapi jika ruangan tidak mempunyai jendela, maka skylight dapat dibuat dengan ukuran yang besar atau bahkan menggantikan atap.

Desain Ruang Keluarga

Cerah dan Menenangkan

Ruang keluarga yang tidak mempunyai jendela dapat dilengkapi dengan beberapa skylight berbentuk kotak di bagian atapnya. Spektrum warna kebiruan yang memancar di ruangan akan membuat ruangan terasa lebih terang tetapi tetap menenangkan. Jika ruangan tidak ingin terlalu terang Anda dapat menggunakan pelapis kaca. Untuk mendukung suasana yang menenangkan cobalah gunakan warna – warna ‘dingin di ruangan misalnya warna hijau, putih, dan biru.

Dapur dan Ruang Keluarga

Skylight pada dasarnya dapat diaplikasikan di ruangan mana saja di rumah. Jika desain ruang keluarga menyatu dengan dapur, skylight dapat dipasang di atap dapur. Hal ini akan membuat dapur terlihat seperti panggung. Sorotan cahaya alami yang langsung masuk ke area dapur akan terlihat seperti sorotan lampu panggung. Selain dapur terlihat terang, ruang keluarga juga akan mendapatkan cahayanya dan ikut terlihat terang.

Ruang Keluarga Dengan Jendela

Ruang keluarga yang memiliki jendela tidak berarti ruangan tersebut tidak perlu skylight. Kehadiran skylight di ruang keluarga tersebut akan memberikan kesan yang bersih dan terang. Dekorasi di dinding yang berwarna membuat ruang keluarga terkesan lebih hidup.

Desain Ruang Keluarga