Apakah Anda ingin interior rumah hunian terlihat unik dan berbeda dibandingkan rumah hunian lainnya? Jika ya Anda dapat melakukannya dengan memainkan ilusi optis. Cara ini sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan. Anda dapat melakukannya lewat pengaturan warna, pencahayaan, dan posisi spasial sehingga mampu membuat ruang terlihat lebih besar secara visual.

Cara seperti ini sangat efektif diaplikasikan untuk ruangan – ruangan yang berukuran mungil misalnya pada rumah minimalis sehingga dapat terlihat lebih besar dan luas. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika hendak menerapkan metode ini.

Warna Dinding dan Plafon’

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk memberikan kesan lebih luas di dalam ruangan adalah mengubah warna cat dinding dan plafon dengan warna yang cerah seperti warna krem terang, warna putih, atau warna yang netral. Jika ruangan memiliki warna yang tidak terlalu kuat, hal ini akan membuat ruang terlihat lebih luas dan terang.

Sebaliknya bila Anda ingin menciptakan interior rumah yang terkesan lebih dekat atau sempit, Anda dapat memilih cat dengan warna yang gelap seperti merah tua, hijau, cokelat tua, atau biru tua. Untuk memberikan kesan yang lebih tinggi di dalam ruangan, langit – langit sebaiknya dicat dengan warna putih.

Kipas di Langit-langit

Setelah langit – langit di rumah dicat dengan warna putih, Anda dapat memasang kipas baling – baling di bagian tengah plafon tersebut. Kehadiran kipas tersebut akan membuat bagian atas ruang terlihat bergerak. Selain itu gerakan yang dinamis oleh baling – baling kipas angin pada plafon akan membuat ruangan terkesan lebih besar.

Warna Karpet

Warna yang digunakan pada karpet ternyata juga tidak kalah penting untuk diperhatikan. Meskipun karpet hanya menjadi pelengkap untuk bagian lantai yang identik dengan lokasi bawah, namun warna karpet dapat berpengaruh terhadap kesan ruangan secara keseluruhan. Anda dapat mengubah warna karpet di rumah dengan warna krem, putih, abu – abu tua, atau beige.

Jenis warna tersebut akan membuat ruangan terasa lebih lega. Efek visual dari karpet dengan dinding yang berwarna terang akan membuat ruang terasa lebih luas. Sebaliknya pilihan karpet dengan warna yang gelap seperti hitam, coklat, ungu, atau warna gelap lainnya akan membuat lantai terkesan lebih dekat dengan plafon. Hasilnya hal ini membuat langit – langit terkesan lebih rendah.

Cermin

Pasanglah cermin di dinding, Benda yang satu ini dapat memberikan efek yang berkelanjutan di dalam interior rumah. Kaca cermin khususnya jika digunakan bersama – sama dengan pencahayaan yang memadai atau terang akan membuat area yang mendapatkan pantulannya terlihat tidak berujung.

Anda dapat menggantungkan sebuah cermin yang berukuran besar di bagian belakang sofa. Hal ini bertujuan untuk membuat dinding terlihat jauh melampaui ruangan fisik atau ruangan sebenarnya. Selain itu dekorasi kaca tambahan seperti cermin potongan dan cermin kecil sebagai aksen juga tidak kalah efektif untuk membantu meningkatkan kesan terbuka yang dihasilkan oleh permukaan reflek.

Interior Rumah