Tata cahaya di taman rumah adalah salah satu aspek yang sangat penting untuk dipertimbangkan saat merancang desain eksterior rumah. Kehadiran lampu – lampu penerangan di area tersebut tidak hanya digunakan sebagai sumber pencahayaan di malam hari tetapi juga dapat membantu membuat fasad rumah terlihat lebih menarik.

Pemilihaan desain lampu taman yang sesuai atau tepat tentu akan menciptakan suasana taman rumah yang semakin indah saat malam hari. Sekarang ini, ada banyak sekali desain lampu yang menarik tersedia pasaran. Supaya lampu di taman rumah Anda mampu menghadirkan kesan yang lebih indah, maka Anda wajib memperhatikaan dekorasi atau penataan yang tepat.

Tidak sembarang desain lampu cocok untuk diterapkan di taman rumah. Untuk membantu Anda, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda perhatikan saat ingin memilih lampu atau menata ornamen lampu di taman rumah kesayangan Anda.

Menentukan Lokasi dan Mempertimbangkan Keamanan

Untuk taman berdesain minimalis sebaiknya tata letak taman disesuaikan dengan kebutuhan dan selera pemilik rumah. Fokus utama dalam menata sumber pencahayaan di area taman tersebut adalah jenis lampu taman yang digunakan, penentuan lokasi titik fokus area taman yang akan diterangi dan keamanan pemasangan kabel yang akan digunakan untuk lampu tersebut.

Lampu Bervoltase Rendah

Andasebaiknya menggunakan lampu dengan voltase yang rendah untuk pencahayaan taman. Sebagai salah satu pertimbangan keamanan, sebaiknya pilih perangkat lampu khusus untuk taman dengan voltase yang rendah, khususnya bila lampu tersebut akan ditempatkan di dekat kolam taman.

Lampu Taman

Lampu Tahan Air

Sebaiknya Anda memilih jenis lampu atau tempat lampu yang tidak akan terkena cipratan air. Pastikan lampu tersebut dan tempat pemasangannya juga tidak mudah mengalami hubungan arus pendek atau konsleting. Anda dapat memilih jenis lampu yang water resistant atau tahan air.

Kabel

Pilihlah jenis kabel yang tepat untuk outdoor. Untuk taman rumah mungil dengan titik lampu sedikit, Anda dapat menggunakan kabel serabut maupun kabel kawat dengan ukuran 1 mm persegi. Bila area taman rumah Anda cukup luas, Anda memerlukan kabel yang ukurannya lebih panjang dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Titik Fokus Cahaya

Bagi Anda yang mempunyai taman di depan rumah, Anda dapat menyorot tanaman di taman tersebut sebagai titik fokus cahaya. Trik ini sangat efektif untuk membantu menciptakan kesan yang cantik di taman depan rumah Anda.

Berbagai macam model lampu outdoor mampu menciptakan suasana taman yang indah, asri, dan menambah nilai estetika. Bila Anda ingin suasana yang romantis di taman, memilih lampu dengan desain yang cantik dan indah dapat menjadi pilihan yang tepat untuk membantu mewujudkan hal ini.

Desain atau bentuk lampu taman dapat disesuaikan dengan konsep taman rumah Anda. Biasanya, pada desain taman jenis lampu yang digunakan misalnya adalah lampu neon, lampu sorot, lampu mercury, dan masih banyak lagi. Bahan lampu tersebut biasanya juga sangat bervariasi mulai dari bambu, kayu, besi, kaca, dan batu alam. Untuk menambah kesan alami, tiang lampu dapat dihiasi dengan tanaman merambat.

Lampu Taman