Berkebun bisa menjadi suatu hobi sekaligus aktivitas yang amat menyenangkan untuk dilakukan di rumah saat waktu senggang. Kegiatan berkebun bisa dilakukan dalam beberapa bentuk. Anda bisa menanam beberapa jenis tanaman ataupun hanya merawat tanaman yang ditanam saja. Tetapi, ternyata Anda bisa berkreativitas dengan membuat pot tanaman kreatif untuk menanam tanaman. Mendaur ulang pot tanaman lama menjadi baru merupakan kegiatan kreatif dan inovatif dalam berkebun yang akan menjadikannya sebagai karya seni indah. Inilah beberapa desain pot tanaman daur ulang.

Pot Berenda Cantik

Model pot kreatif daur ulang pertama adalah pot berenda cantik. Pot-pot ini diciptakan dengan memanfaatkan renda sisa pakaian yang sudah tidak dipakai. Renda-renda ini digunakan sebagai penutup badan pot tanaman. Anda bisa menentukan desain pola hiasannya sesuka hati. Kemudian, guntinglah renda tersebut sesuai dengan ukuran yang sudah ditentukan. Lalu, rekatkanlah renda itu dengan lem atau double tape di bagian badan pot. Pastikan renda itu merekat sempurna.

Pot dengan Coretan Tangan

Salah satu desain pot tanaman kreatif lainnya adalah pot berhias coretan tangan. Pot ini terlihat sederhana sekali dengan hanya coretan tangan yang menghasilkan gambar bunga, buah, atau tulisan kreatif. Coretan itu dihasilkan oleh kapur yang diaplikasikan di bagian badan pot. Anda bisa menghias pot polos berwarna hitam tersebut dengan menggunakan kapur putih ataupun warna dengan kreativitas tinggi. Lalu, hiasilah bagian pinggir permukaan pot itu dengan menggunakan kancing dan pita untuk mempercantik bentuk pot itu.

Pot Tanaman Kreatif

Pot Berbalut Kain Bermotif

Cara sederhana lainnya untuk membuat pot unik dan kreatif adalah dengan membalut pot menggunakan kain bermotif. Anda bisa menutup seluruh permukaan luar dari pot tanah liat dengan kain bermotif. Anda bisa berkreasi dengan mempergunakan tekstur dan motif kain yang unik dan indah. Semakin unik motif kain tersebut akan membuat pot semakin indah.

Pot Bersweater Bekas

Apabila Anda mempunyai sweater tak terpakai, jangan membuangnya. Bekas sweater bisa dipergunakan untuk mempercantik pot tanaman Anda. Sweater ini bisa digunakan sebagai penutup permukaan luar pot tanaman. Ukurlah dimensi pot terlebih dahulu dan guntinglah sweater sebelum ditempelkan pada pot. Gunakanlah lem dengan daya rekat yang amat kuat agar sweater bisa menempel dengan kuat.

Pot dengan Lelehan Cat

Anda juga bisa mengkreasikan pot lama dengan menggunakan cat. Lelehan cat akan membuat pot terlihat unik dan menarik. Anda cukup mencelupkan bagian permukaan bawah pot dan membalikkannya agar menciptakan lelehan cat yang indah dan unik. Pilihlah warna cat sesuai dengan selera.

Pot Berhias Batu

Selain kelima hiasan diatas, Anda bisa mempergunakan batu artificial atau kacing sebagai aksen dekoratif permukaan pot lama. Setelah Anda mengecat pot itu dengan warna dasar sesuai dengan selera, Anda bisa menempelkan beberapa batu hiasan dengan pola tertentu untuk mempermanis pot tanaman kreatif ini.

Pot Tanaman Kreatif