Apartemen saat ini menjadi salah satu solusi yang banyak dipilih sebagai rumah hunian di kota besar, khususnya bagi mereka yang masih lajang. Selain itu, apartemen juga dapat dijadikan salah satu investasi property untuk masa depan. Desain interior merupakan salah satu hal penting yang wajib diperhatikan demi mendapatkan rumah yang lebih nyaman.

Apalagi ukuran apartemen yang cenderung standar dengan dua kamar tidur tentu menuntut kita memilih desain interior yang tepat. Apartemen dengan dua kamar tidur biasanya memiliki luas sekitar 38 meter persegi. Bagi Anda yang memiliki apartemen dengan luas yang hampir sama, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dicoba untuk diterapkan di apartemen Anda.

Gaya Skandinavia

Untuk apartemen dengan ukuran standar atau mungil, gaya skandinavia merupakan salah satu pilihan desain yang patut dicoba. Pasalnya apartemen ini memiliki desain yang lebih sederhana dan netral jika dibanding dengan gaya industrial. Gaya ini juga dianggap lebih sesuai untuk hunian dengan luas yang relatif kecil.

Selain itu gaya skandinavia juga dirasa tepat karena aplikasi warna netral lebih banyak mendominasi sehingga ruangan terlihat lebih elegan dan luas secara visual. Garis – garis yang sederhana pada furniture juga menjadi salah satu ciri khas utama gaya ini. Demikian pula dengan jendela yang dibuat memiliki bukaan lebar. Hal ini memungkinkan cahaya matahari untuk masuk ke dalam ruang di siang hari secara maksimal.

Lantai Laminate Kayu

Pada apartemen, area kamar mandi dan dapur biasanya saling bersebelahan. Untuk pemilihan material lantai, keramik merupakan pilihan yang sudah cukup umum. Namun jika Anda menginginkan kesan yang lebih hangat dan homey, sebaiknya lantai keramik pada apartemen diganti dengan lantai laminate kayu.

Desain Interior Apartemen

Warna Putih Untuk Dinding

Karena gaya skandinavia memiliki desain yang bersih dan simpel, maka area bagian dinding dapat dicat menggunakan warna putih, Salah satu dinding pada ruangan keluarga misalnya, area ini dapat dicat dengan warna mustard yang cerah. Fungsinya tentu saja sebagai aksen.

Dalam rangka menyeimbangkan warna mustard di dinding, Anda dapat memilih sofa berwarna biru yang dipadukan dengan bantal hias yang memiliki motif entah itu floral atau ornament lainnya. Untuk mendekorasi ruangan, Anda juga dapat meletakkan karpet bermotif sesuai dengan seleran pribadi. Untuk menyempurnakan desain interior di ruangan keluarga tersebut, letakkan coffee table berbentuk bulat dan berwarna mustard.

Furniture

Pemilihan ukuran dan desain furniture perlu disesuaikan dengan luas ruangan. Meja kayu dengan sudut lengkung dapat dimanfaatkan sebagai meja TV dan sebagai daya tarik ruangan. Untuk tempat penyimpanan, letakkan keranjang dari rotan di bawah meja. Dinding di belakang TV dapat dicat dengan warna putih dan dibiarkan polos supaya tidak terkesan ramai.

Meja Makan Menyatu Dengan Kabinet

Di area dapur dan meja makan, meja bar berfungsi sekaligus sebagai meja makan. Meja ini dibuat menjatuh dengan kabinet kayu untuk lemari penyimpanan serta pajangan. Sementara itu dapur kecil dan kamar mandi dirancang serba putih agar terkesan bersih dan rapi.

Kamar Tidur

Dekorasi untuk kamar tidur sebaiknya tidak terlalu banyak. Cukup gunakan wall sticker untuk mempercantik tampilan kamar.

Warna Dinding Kamar

Dinding belakang headboard tempat tidur dapat dicat dengan warna yang sama seperti di ruang keluarga. Semua furniture di kamar tidur disesuaikan dengan luas kamar tidur.

Desain Interior Apartemen