Desain interior sebuah ruangan menjadi salah satu faktor utama yang mempengaruhi kenyamanan dari ruangan tersebut. Memilih desain interior dan dekorasi yang tepat akan membuat ruangan tersebut menjadi ruangan terbaik di rumah Anda. Untuk mendapatkan desain interior terbaik ini, tidak ada salahnya bila Anda menggunakan jasa desainer interior profesional. Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui, agar desain ruangan yang Anda dapat benar-benar sesuai dengan keinginan Anda.

Menurut Vicky Ghozali, desainer interior dari GV Interior, terdapat 9 hal penting yang harus Anda ketahui, saat memilih desain interior baru.

Kesepakatan

Anda harus menemukan kesepakatan antara Anda dan desainer. Artinya, desain yang dihasilkan nanti sesuai dengan apa yang Anda inginkan, serta desain yang diajukan sang desainer.

Ada banyak kasus, dimana klien memaksakan keinginan mereka. Bila hal ini dilakukan, maka peran desainer disini hanya akan seperti pesuruh saja dan hasil yang didapat tidak maksimal. Dengan mendengarkan usulan desainer dan berdiskusi mengenai keinginan Anda, maka Anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Biaya

Anda juga harus memperhatikan besar biaya yang dibutuhkan. Bukan berarti biaya yang mahal akan menghasilkan desain interior yang berkualitas. Anda harus menyesuaikan dengan kemampuan finansial serta desain yang Anda inginkan dan butuhkan.

Ruangan

Anda juga harus mengetahui jenis ruangan yang akan Anda desain ulang. Hal ini dibutuhkan agar apa yang Anda inginkan dapat dimengerti secara baik oleh desainer. Hasilnya pun akan lebih baik dengan cara ini.

Desain Interior

Tidak Berlebihan

Penggunaan dekorasi dan warna juga sebaiknya tidak berlebihan. Dekorasi dan warna yang sederhana akan membuat ruangan terlihat lebih indah, serta lebih menghemat biaya.

Warna

Vicky menyarankan untuk warna, Anda dapat memilih warna-warna yang lembut untuk ruangan Anda. Warna jenis ini sangat cocok untuk musim kemarau seperti yang terjadi saat ini. Warna lembut juga akan memberikan kesan nyaman saat Anda berada di dalam ruangan tersebut.

Lantai

Sebaiknya Anda memilih lantai marmer daripada lantai kayu. Lantai marmer akan lebih nyaman untuk iklim Indonesia.

Air Conditioner (AC)

Vicky menyarankan agar Anda menghindari penggunaan AC. Akan lebih baik bila Anda menggunakan plafon yang tinggi agar sirkulasi udara dalam ruangan tetap terjaga. Desain ini juga akan membuat ruangan terasa lebih sejuk.

Pencahayaan

Warna dan jenis lampu yang Anda gunakan harus disesuaikan dengan desain dan warna ruangan Anda. Gunakan pula lampu seminimal mungkin agar ruangan tidak terlalu panas.

Furnitur

Penempatan furnitur juga harus Anda perhatikan. Jangan terlalu kaku dan gunakan gaya penempatan yang unik agar desain interior ruangan Anda terlihat lebih menarik. Yang paling penting, penempatan dan jenis furnitur Anda haruslah membuat Anda nyaman dan cocok untuk Anda.

Desain Interior