Yoga, relaksasi, dan meditasi akan membuat hidup Anda terasa lebih baik setelah melalui hari yang sulit dan melelahkan. Meditasi sudah menjadi gaya hidup dan kebutuhan bagi sebagian besar kaum urban. Mungkin Anda bisa saja melakukan meditasi di mana saja di area rumah Anda. Tetapi menyediakan ruang khusus tentu akan membuat Anda merasa lebih cepat rileks.

Menyediakan ruang meditasi di rumah merupakan ide yang sangat menarik untuk orang – orang yang senang melakukan relaksasi setiap hari. Lantas bagaimana cara membuatnya? Berikut ini adalah beberapa hal yang wajib Anda perhatikan ketika ingin membuat ruangan khusus meditasi di rumah.

Memilih Tempat yang Disukai

Anda dapat memilih ruangan meditasi di dekat kamar tidur Anda, di gazebo, loteng, atau di mana saja yang Anda sukai. Pilihlah area yang kira – kira menurut Anda adalah wilayah yang paling nyaman di rumah dan tidak mendapat gangguan dari sekitar.

Memilih Warna Netral

Ruangan yang menenangkan merupakan ruang yang tidak terlalu banyak warna, apalagi menggunakan warna – warna mencolok. Sebaiknya pilihlah warna netral seperti putih, abu-abu terang, atau warna netral lainnya karena warna seperti ini bersifat menenangkan.

Minim Perabotan

Sebisa mungkin jangan letakkan terlalu banyak perabotan di dalam ruang meditasi. Anda hanya perlu menggunakan perabot yang memang dibutuhkan misalnya karpet, matras yang empuk, dan juga bantal. Jika benda – benda di sekitar Anda semakin sedikit, ini akan membuat Anda semakin mudah untuk bermeditasi.

Menghadirkan Sentuhan Personal

Tambahkan elemen yang Anda sukai di dalam ruangan tersebut. Elemen ini dapat berupa wewangian kesukaan, karya seni yang Anda gemari, atau benda favorit yang dapat membuat pikiran dan tubuh merasa tenang. Tetapi tetap wajib diingat untuk tidak menjadikan ruangan terasa sesak karena banyaknya benda tersebut.

Bersih

Sebuah ruangan meditasi yang kebersihannya terjaga dengan baik dapat membuat pikiran menjadi lebih terbuka. Oleh sebab itu, pastikan Anda membersihkan ruangan tersebut secara rutin.

Meminimalisir Penggunaan Perangkat Elektronik

Cukup sediakan pemutar musik di dalam ruangan meditasi Anda. Jangan meletakkan televisi bahkan telepon genggam dan video game yang justru dapat mengganggu konsentrasi saat bermeditasi.

Aromaterapi

Penggunakan aromaterapi atau minyak esensial dari tanaman seperti chamomile, lavender, dan peperment juga dapat membuat pikiran, tubuh, dan jiwa merasa lebih tenang, Tubuh, jiwa, dan pikiran yang tenang dapat membantu Anda menghilangkan rasa stress.

Pencahayaan

Kehadiran cahaya alami tentu akan lebih baik bagi ruangan meditasi Anda. Bila ruang meditasi tersebut tidak mendapat cahaya alami, gunakan lampu dengan tingkat pencahayaan yang sesuai dengan suasana hati dan selera Anda. Apakah Anda menyukai cahaya yang berpendar atau terpusat?

Atau bisa juga menggunakan lilin – lilin yang ditempatkan di sekitar ruang. Bila ruangan meditasi berada di area outdoor, pastikan bahwa area tersebut cukup teduh serta tidak mendapatkan cahaya matahari berlebihan.

Udara Segar

Bila Anda tidak terlalu menyukai aromaterapi, pastikan bahwa ruangan meditasi di rumah mempunyai udara segar dengan ventilasi udara yang cukup atau membuat area meditasi di outdoor. Adanya udara segar dapat memberikan manfaat yang banyak karena selain dapat menyegarkan badan, otak juga merasa lebih segar.

Ruang Meditasi