Ukuran rumah yang kecil dan ruang sempit yang dimilikinya seringkali membuat para penghuninya merasa bingung untuk membagi fungsi dari ruangan tersebut. Seperti halnya pada ruang kamar anak yang semula dapat digunakan oleh dua orang sekaligus. Namun dengan seiring berjalannya waktu, tentu kebutuhan anak pun akan mengalami perubahan serta perbedaan. Karena itulah dibutuhkan cara yang tepat untuk membagi kamar anak pada ruang kecil, sehingga tetap dapat digunakan dengan lebih efisien. Berikut ini penulis akan sajikan beberapa tips tepat yang mungkin dapat membantu Anda dalam membagi ruang kamar tersebut dengan lebih mudah, diantaranya :

Luas area untuk tempat tidur

Membagi satu ruang kamar tidur dengan dua tempat tidur tentunya cukup menyulitkan, karena itulah biasakan untuk mengukur luas dari area tempat tidur tersebut lebih dahulu, sehingga desain untuk menata tempat tidur pun dapat lebih disesuaikan dengan mudah. Kemudian pastikan pula untuk menata barang atau furniture dengan lebih rapi, sehingga ruangan kecil dari kamar tidur dapat terlihat lebih luas dan tidak sesak. Pastikan pula untuk menyediakan kebutuhan yang memang sesuai dengan keinginan anak masing-masing, sehingga tidak terdapat kecemburuan sosial diantaranya.

Memilih desain sesuai karakter

Pada dasarnya tidak semua anak memiliki selera yang sama, karena itu jika hendak membagi satu ruang kamar menjadi dua bagian, maka sebaiknya gunakanlah desain yang berbeda antara sisi bagian dari tempat tidur kamar anak yang satu dengan lainnya. Hal ini selain dapat membuat anak merasa bahagia, ia juga dapat menonjolkan sisi karakter anak yang berbeda dan cukup unik, sehingga satu ruang kamar tersebut pun  nampak seperti dua ruang berbeda.

Menentukan pembatas dalam ruang kamar

Pembatas juga menjadi bagian penting lainnya yang harus Anda perhatikan ketika hendak membagi kamar anak menjadi 2 bagian yang berbeda. Meskipun desain dapat menunjukkan dua ruang pembeda antara bagian anak yang satu dengan lainnya, namun pembatas tetap memiliki fungsi yang penting. Karena selain berguna sebagai pembeda ruang lingkup tempat tidur kamar anak, pembatas juga dapat menunjukkan dua area yang berbeda, sehingga privasi yang dimiliki oleh dua anak Anda itu pun dapat terjaga dengan lebih baik.

Pemilihan furniture

Bila ruang kamar memiliki ukuran yang kecil, maka sebaiknya pemilihan furniture pun dilakukan dengan lebih teliti, sehingga ruangan tidak menjadi lebih sempit. Seperti halnya pada penggunaan dua buah meja, alangkah baiknya jika meja tersebut diganti dengan satu meja yang memiliki ukuran lebih panjang sehingga dapat digunakan oleh dua orang.

Penataan

Penataan adalah hal terakhir yang harus dilakukan dengan lebih bijak saat membagi kamar anak  menjadi dua bagian apalagi mengingat luas dari ruang kamar yang terbilang sempit. Pastikanlah untuk menata ruang kamar tersebut dengan lebih rapi. Selain membuat pemandangan lebih nyaman. Hal ini juga dapat membantu Anda dalam menunjukkan posisi kamar yang nampak lebih luas.

Kamar Anak