Mungkin Anda para pemilik kamar tidur dengan luas terbatas merasakan betapa kurang nyamannya kamar Anda ketika dalam kondisi tak beraturan atau berantakan. Padahal kamar tidur adalah ruangan pribadi sekaligus ruang favorit Anda untuk bersantai, bermalas-malasan, dan untuk berdiam diri dalam waktu yang lama dengan suguhan komik, buku bacaan favorit, atau tontonan film favorit. Banyak juga pemilik kamar yang memperbolehkan teman dekat atau sahabat untuk menghabiskan waktu santai bersama Anda di kamar kesayangan Anda ini. Lantas, apa jadinya jika kamar Anda sempit dan Anda sendiri bingung untuk menatanya? Berikut terdapat beberapa tips yang boleh Anda praktikan untuk menciptakan kamar yang nyaman.

Simpan barang dan furniture yang tidak dipakai

Banyaknya barang dan furniture di kamar Anda dapat membuat kamar tidur Anda yang sempit terlihat semakin sempit. Terlebih lagi jika Anda tidak menatanya dengan baik dan rapi. Belum lagi tambahan barang-barang elektronik yang juga menambah suhu di kamar terasa semakin panas. Nah, untuk mengatasinya, masukan barang dan furniture yang diperlukan saja, sedang furniture dan barang yang digunakan sebaiknya disimpan di gudang. Dengan cara ini kamar pun akan terlihat lebih luas, rapi, dan yang pasti lebih nyaman.

Manfaatkan dinding

Manfaatkan dinding sebagai media untuk menempatkan rak (floating shelves). Rak yang dipasangkan di dinding ini dapat digunakan untuk menyimpan alat-alat tulis, koleksi buku, dan properti lainnya. Lebih menariknya lagi, Anda dapat membuat dan memasang rak ini sendiri. Jadi Anda tak perlu buang biaya untuk membelinya. Gunakan papan kayu yang kuat dan tebal sebagai bahan utama rak Anda. Jangan lupa lengkapi rak Anda dengan penyangga agar rak tetap pada tempatnya.

Manfaatkan kolong tempat tidur

Cara lainnya untuk menciptakan susana nyaman di kamar tidur dan untuk mengatasi ruang sempit pada kamar yaitu dengan memanfaatkan ruang kosong di bawah tempat tidur. Anda dapat menyimpan barang-barang yang sudah tak terpakai di bawah tempat tidur. Agar terlihat selalu rapi, pastikan Anda menata barang-barang yang Anda simpan di bawah tempat tidur dengan rapi.

Maksimalkan sudut-sudut ruangan

Sudut ruangan dapat Anda manfaatkan untuk menempatkan lemari kecil penyimpan suplai makanan. Sudut ruangan juga dapat Anda gunakan untuk menempatkan meja komputer atau meja untuk benda-benda elektronik lainnya.

Warna cat kamar

Pilihlah cat dinding kamar Anda dengan warna-warna yang cerah agar ruangan terlihat lebih luas. Hindari menggunakan warna gelap pada ruangan yang sempit karena warna cat yang gelap justru semakin menciptakan kesan bahwa ruangan Anda ini sempit, suram, dan sumpek. Beberapa referensi warna cat yang cocok untuk kamar dengan luas yang terbatas yaitu warna pastel, peach, pink, merah marun, abu-abu, hijau, putih, dan biru.

Kamar Tidur